MISTERI CANDI BAWAH LAUT TAMAN PURA TERPECAHKAN

Kamis, Agustus 05, 2010
MISTERI CANDI BAWAH LAUT TAMAN PURA TERPECAHKAN

Misteri candi bawah laut yang terletak di Pemuteran, Bali, akhirnya dapat dipecahkan. Bangunan yang menyerupai pura di Pulau Dewata itu rupanya terumbu karang buatan dan bukanlah peninggalan purbakala. Nama 'kompleks' terumbu karang menyerupai candi itu merupakan Taman Pura atau Temple Garden.

Pemaparan mengenai candi bawah laut tersebut dapat dilihat di website

www.globalcoral.org
serta
divingathletic.com
. Proyek yang dimulai sejak tahun 2000 tersebut berniat dibuat guna merevitalisasi terumbu karang di Pemuteran yang hancur. Di tempat tersebut candi bawah laut Taman Pura bertumpu.

Proyek pembangunan candi bawah laut berawal lantaran kegundahan warga sekelilingnya termasuk para ekspatriat, menatap terumbu karang yang hancur sama tingkah laku penangkap ikan yang memakai bahan peledak.Proyek pertama dilaksanakan sama Dr Thomas Goreau dan Profesor Wolf Hilbertz yang berkarya bersama dengan beberapa penyelam. Mereka membuat area perawatan koral pertama di hadapan Pondok Sari Hotel.

Proyek yang diberi nama The Karang Lestari Project ini lantas ditumbuhkan melalui donasi pebisnis lokal, hotel-hotel, toko-toko penjual alat-alat menyelam ataupun USAID. Diharapkan, proyek pembuatan candi bawah laut bisa memikat animo turis sampai-sampai bisa memperbagus ekonomi warga Pemuteran.

Sebelumnya foto-foto candi bawah laut Taman Pura sebagai pembicaraan di website mikroblogging Twitter. Pejabat Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata belum menyadari hal kehadiran Taman Pura dan justru hendak menjumpai pakar telematika guna memahami keaslian foto-foto tersebut.

Komentar MISTERI CANDI BAWAH LAUT TAMAN PURA TERPECAHKAN

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 1 komentar untuk update MISTERI CANDI BAWAH LAUT TAMAN PURA TERPECAHKAN dengan id 1011416556645143252.

Indovision

Akhirnya terjawab juga bukan peninggalan sejarah...

13/8/10 14:13