Cara Mencari Satelit Thaicom 5 Di Parabola

Senin, Mei 19, 2014

Sebenarnya bisa di bilang saya masih awam dalam dunia satelit parabola. Karena belum genap sebulan saat menulis ini saya memasang parabola di rumah. Jadi kalau di rasa nanti trik mencari satelit thaicom 5 ini dirasa kurang efesien itulah pengalaman pemula seperti saya.

Saya memasang parabola pesan paket pada teknisi parabola di solo, karena saya tinggal di daerah Kartosuro untuk sekarang, bukan di Sragen. Saya mengambil paket parabola gerak jadi memakai actuator. Nah trik mencari satelit thaicom 5 ini nanti akan memanfaatkan alat tersebut. Karena bagi saya yang masih baru akan sangat gampang tracking kalau sudah memasang actuator.

Cara mudah mencari satelit thaicom 5 ini mungkin bagi sebagian orang akan sulit apalagi kalau masih manual harus gerakkan parabola tanpa alat actuator. Namun ketika kita memanfaatkan actuator saya rasa akan sangat di permudah dan gampang ketemunya.

Cara mencari satelit thaicom di parabola sebenarnya sama saja yang memakai actuator sama yang tidak memakai. Perbedaannya untuk yang memakai actuator, tracking parabola kalau memang sudah pas jalurnya kita tinggal menggerakkan timur barat di dalam rumah, berbeda ketika kita tracking manual harus keluar rumah, apalagi kalau kita tidak memiliki tv mobile, bisa di pusingkan harus melongok ke dalam rumah terus menerus, nah bisa di bayangkan ketika sama dengan saya, tinggal di perumahan, parabola harus di atas genteng, naik turun tambah kurus saya wkwkwk.

trik mencari satelit thaicom 5
Cara mudah mencari satelit thaicom

Oke, seperti yang saya singgung di atas, saya memakai actuator. Biasanya setting yang pertama kali di masukan adalah satelit Palapa D, Telkom 1, dan kali ini tetapkan memakai C-Band dulu karena saya belum punya perangkat Ku-Band.

SatelitDerajat
Palapa D113.0°E
Telkom 1 108.2°E
Thaicom 5 78.5°E

Bisa anda lihat data yang saya tuliskan di atas. Sebenarnya tidak ada yang spesial dan pasti semua sudah tahu. Tapi untuk pemula dalam dunia parabola kadang hal itu sulit untuk di mengerti. Untuk selanjutnya anda harus tahu beam Thaicom 5. Tapi setahu saya seluruh wilayah Indonesia masuk dalam beam Thaicom 5

Di awal tadi saya menyinggung tentang actuator. Kali ini kita akan menggunakannya, dalam hal ini saya menggunakan Matrix V-Box II. Jadi ada petunjuk angka led di box nya di positioner. Misalkan data saya adalah seperti berikut

SatelitAngka Positioner
Palapa D87
Telkom 1 84.6

Perhitungannya adalah sebagai berikut

SatelitHitunganHitungan
Selisih derajat Palapa D - Telkom 1 113 -108.2 4.8
Selisih derajat Telkom 1 - Thaicom 5 108. 2 - 78.5 29.7
Selisih Positioner Palapa D - Telkom 1 87- 84.6 2.4

Kita akan menghitung posisi kira kira actuator. Perhitungannya sebagai berikut.

  1. 84.6 - (( 2.4 * 29. 7 ) / 4.8) = 84. 6 - 13.5 = 71.1

Kita mendapatkan posisi perkiraan di angka penunjuk positioner sekitar 71.1. Yang perlu di perhatikan adalah semakin besar jarak derajat maka semakin kecil jarak perpindahan lnb. Jadi kemungkinan letak satelit berada sebelum 71.1. Anda bisa memperkirakan sebelumnya.

  1. Setelah kita mengetahui perkiraan maka langkah selanjutnya adalah membuat satelit baru. Misalnya kita namakan Thaicom 5.
  2. Masukan transponder terkuat Thaicom 5 3440 H 26666 atau 3765 V 5900.
  3. Masuk ke pengaturan antena.
  4. Tinggal tracking menuju angka perkiraan. Scan ke atas karena kita memperkirakan naik.
  5. Perhatikan indikator sinyal dan kualitasnya.
  6. Jika sudah menemukan cari yang terbaik.
  7. Selanjutnya scan dan pilih saja Blind Scan , FTA dan pencarian jaringan hidup
  8. Tinggal nunggu scan selesai

Sebenarnya cara ini akan sukses jika tracking di urutkan. Itu tadi cara mudah mencari satelit thaicom menggunakan actuator dan positioner, nah jika mencari satelit thaicom 5 manual sebenarnya sama saja caranya. Hanya saja bedanya seperti yang saya ungkap diatas harus sabar karena capek wkwkwk. Jika memang tips mencari satelit thaicom ini masih membingungkan bagi anda silahkan tanya saja di komentar dan kalau saya memang bisa memberikan trik mencari satelit thaicom 5 lainnya akan saya posting di halaman selanjutnya. Untuk satelit lain silahkan tunggu saja.

Komentar Cara Mencari Satelit Thaicom 5 Di Parabola

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 0 komentar untuk update Cara Mencari Satelit Thaicom 5 Di Parabola dengan id 5167482450565751685.