Cara Menampilkan Google Plus Di Komentar Blog

Senin, November 25, 2013

Lagi pingin main main lagi dengan blogspot. Kali ini yang akan saya suguhkan bukanlah cara menampilkan google plus di blog tapi cara menampilkannya di komentar. Banyak memang yang sudah memberikan cara menampilkan komentar admin berbeda dengan pengomentar lain dan kali inipun caranya memang sama.

Untuk bisa menampilkan google plus di komentar yang perlu dilakukan adalah mengetahui fungsi masing masing kode. Kalau tidak mengerti mending tutup langsung saja artikel ini wkwkwk. Tapi kalau memang pingin belajar sungguh sungguh saya yakin akan membaca sampai akhir.

Jika anda sudah paham tag yang ada di template blogger maka saya pastikan anda tidak akan mengalami kesulitan untuk hal ini. Atau jika anda sudah pernah membuat komentar author menjadi berbeda di blogger maka cara inipun tidak akan bermasalah untuk anda.

Cara ini saya khususkan untuk komentar model lama bukan yang thread komentar. Saya memang dari dulu kurang begitu suka dengan metode thread komentar di blogger ini. Untuk mengetahui alasan saya buka saja tentang kelemahan thread komentar, dan semoga anda paham dengan alasan saya.

cara menampilkan google plus di blog
Cara Menampilkan Google Plus Di Komentar

Kita langsung saja membahas mengenai cara menampilkan google plus di komentar. Ini ada sedikit contoh kode untuk menampilkan nya

  1. <b:if cond='data:comment.authorUrl == &quot;http://www.blogger.com/profile/05644751541161490783&quot;'>
  2. <a class='g-profile' href='https://plus.google.com/113521818767842963137'><data:comment.author/></a>
  3. <b:else/>
  4. <a expr:href='data:comment.authorUrl' itemprop='url'><data:comment.author/></a>
  5. </b:if>

Script di atas hanya mengecek url author komentar apakah sama dengan profile blogger, jika iya maka akan tampil url G+ nya. Ganti dengan url blogger profile dengan url profile anda begitu juga dengan url G+nya

  1. <b:if cond='data:comment.author == data:post.author'>
  2. <a class='g-profile' href='https://plus.google.com/113521818767842963137'><data:comment.author/></a>
  3. <b:else/>
  4. <a expr:href='data:comment.authorUrl' itemprop='url'><data:comment.author/></a>
  5. </b:if>

Untuk script di atas ini gunanya untuk mengecek author yang menulis posting dengan yang berkomentar, jika sama maka akan di tampilkan link G+ nya. Untuk pengecekan lain silahkan berkarya sendiri, misalnya dengan URL nya, nama dll. Ganti saja url G+ nya dengan G+ anda.

Yang paling penting dalam halaman tersebut adalah, ada javascript plus one apinya kalau tidak salah seperti ini

  1. <script>
  2. (function() {
  3. var po = document.createElement('script'); po.type = 'text/javascript'; po.async = true;
  4. po.src = 'https://apis.google.com/js/plusone.js';
  5. var s = document.getElementsByTagName('script')[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s);
  6. })();
  7. </script>

Sebenarnya link Gplus pun bisa secara otomatis. Namun kadang tiap blogger belum setting Gplus. Untuk yang kepingin otomatis silahkan lihat saja di postingan saya di blogger layout data tags untuk mengetahui tag buat mengambil nilai url Gplus nya

Komentar Cara Menampilkan Google Plus Di Komentar Blog

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 0 komentar untuk update Cara Menampilkan Google Plus Di Komentar Blog dengan id 340758248602190573.