Blogger Layout Data Tags Global

Selasa, Oktober 08, 2013

Seiring berjalannya waktu rupanya banyak sekali sekarang blogger blogger baru yang muncul dan sudah sangat pintar dalam mengolah kode. Kalau saya yang baru mempelajari kode kode ini patut untuk membuat catatan penting guna melancarkan aksi untuk membuat template sendiri. Oh ya sebelumnya saya sendiri sudah pernah menyinggung bagaimana cara membuat template blogger sendiri dan apa saja yang di perlukan. Di sana sudah ada poin poin penting yang harus di pahami agar lancar membuat template.

Kali ini saya akan menyinggung sedikit mengenai blogger layout data tags global. Kayaknya akan berat sekali untuk bahasan kali ini wkkw. Sebenarnya tidak berat berat amat hanya saja ini adalah dasar tag yang harus di pahami agar bisa membuat template blogspot. Bagaimana bisa membuat template blogspot kalau dasar dasar tagnya saja tidak mengerti. Anda tidak harus menghafalkan satu demi satu namun paling tidak anda tahu fungsi masing masing. Jadi nantinya dalam pembuatan template akan lebih lancar.

Sebenarnya ada beberapa blogger layout data tag namun memang biasanya hanya sedikit yang di pakai. Namun jika template sudah rumit saya yakin akan makin banyak data tag ini yang di pakai. Sekarang sampai di mana anda paham mengenai data tag ini? Kalau sudah paham semua saya yakin anda akan bisa lancar membuat template blogspot sendiri. Kalau saya hanya sebagian kecil, lha template buatan saya saja cuman minimalis wkwkwk. Ini dia beberapa data tag blogger yang paling tidak anda tahu fungsinya

blogger template data tags
Blogger Layout Data Tags
Data TagFungsi
blogIdUntuk mengambil Blog ID, contohnya 2160747215074314466
bloggerUrlberisi url blogger yaitu http://www.blogger.com
titleUntuk mengambil data judul blog, contohnya seperti Blogger Sragen
pageTypeIni untuk mengetahui tipe halaman yang terbuka. Misalnya untuk hompage index, kalau untuk artikel item.
urlTag ini fungsinya untuk mengambil url dinamis menyesuaikan dengan kondisi saat di buka. Jika membuka dengan mobile maka url akan di tambahi ?m=1.
canonicalUrlFungsinya untuk mengambil nilai tetap alamat suatu halaman, entah mau versi mobile, atikel komen dan lain lain.
canonicalHomepageUrlUntuk mengambil alamat tetap sebuah halaman di homepage. Jadi walaupun di versi mobile akan tetap menghasilkan alamat homepage yang sebenarnya tidak ada embel embel apapun
homepageUrlUntuk mengambil nilai homepage menyesuaikan dengan kondisi url, misal saja jika kondisi mobile maka akan di tambahi ?m=1 ataupun desktop kadang di tabahi ?m=0
blogspotFaviconUrlTag ini di gunakan untuk mengambil nilai favicon blog.
feedLinksTag ini di gunakan untuk mengambil tag link feed.
enabledCommentProfileImagesBernilai bolean untuk menentukan image profile komentar di aktifkan tidak. Nilai true maka diaktifkan jika false maka tidak di aktifkan.
adultContentBernilai bolean untuk menentukan tingkatan konten yang ditampilkan. Nilai false berarti bukan konten dewasa kalau true berisi konten dewasa.
disableAdSenseWidgetBernilai bolean untuk menentukan kode adsense otomatis dari blogger di tampilkan atau tidak. Untuk false maka kode tidak di tampilkan dan true akan di tampilkan.
analyticsAccountNumberini untuk mengambil data nomer google analistic yang dimasukan dalam setting blog.
searchLabeltag ini untuk mengambil nilai label suatu tipe halaman index.
searchQuerytag ini untuk mengambil nilai query string q di tipe halaman index.
pageNametag ini untuk mengambil nama sebuah halaman. Untuk di halaman artikel akan menampilkan judul posting.
pageTitletag ini untuk manampilkan judul halaman. Untuk di halaman single post atau artikel akan menampilkan title blog : pageName
metaDescriptiontag ini untuk menampilkan deskripsi yang di kirimkan pada tiap posting. Dapat di gunakan jika sudah di aktifkan di setting blogger bagian penelusuran.
encodingtag ini untuk menampilkan encoding text yang di gunakan.
localetag ini untuk mengetahui kodisi lokal.
localeUnderscoreDelimiteden
isPrivatetag ini bernilai bolean yaitu untuk mengetahui sebuah halaman tertutup untuk umum atau terbuka. Jika nilai false maka terbuka dan kalau true maka tertutup.
isMobiletag ini bernilai bolean yaitu untuk mengetahui halaman dalam mode mobile atau desktop. Jika nilai false maka kondisi halaman pada mode desktop jika true maka
isMobileRequesttag ini bernilai bolean yaitu untuk mengetahu aksi permintaan sebagai desktop atau mobile. Jika nilai false maka meminta untuk di buka mode desktop jika true maka permintaan untuk membuka mode mobile.
mobileClasstag ini untuk menentukan class dari tag dalam mode mobile template bawaan blogger. Untuk template custom atau buatan sendiri biasanya tidak memakai class ini tapi bisa juga di pakai biasanya untuk template hasil editan dari bawaab blogger.
isPrivateBlogtag ini bernilai bolean yaitu untuk mengetahui sebuah blog tertutup untuk umum atau terbuka. Jika nilai false maka terbuka dan kalau true maka tertutup.
languageDirectiontag ini untuk mengambil nilai jenis tapilan tulisan sebuah halaman. Dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Nilai ltr untuk kiri ke kanan, rtl untuk kanan ke kiri.
feedLinkstag ini untuk mengambil nilai tag link feed.
meTagtag ini untuk mengambil nilai tag link rel me. Biasanya akan di sini profile blogger atau G+
openIdOpTagtag ini untuk menghasilkan tag link buat open ID
googleProfileUrltag ini untuk menghasilkan link G+ yang sudah di relasikan dengan akun blog
imageSrcTagtag ini untuk menghasilkan tag link image src.
latencyHeadScripttag ini di gunakan untuk menghasilkan javascript pada versi desktop di bagian head.
mobileHeadScripttag ini di gunakan untuk menghasilkan javascript pada versi mobile di bagian head.
viewTag ini untuk mengetahui mode view yang di gunakan
dynamicViewsCommentsSrctag ini untuk menghasilkan alamat javascript komentar mode view yang di gunakan
dynamicViewsScriptSrctag ini untuk menghasilkan alamat javascript template mode view yang di gunakan
plusOneApiSrctag ini di gunakan untuk menghasilkan alamat javasript api buat plus one
testHtml5CssSrctag ini digunakan untuk menampilkan css bundle yang di gunakan template bawaan blogger mode HTML5

Sedikit sekali kan yang harus anda mengerti untuk tag global template blogger. Kalau keterangan saya diatas masih ada yang bingung atau mungkin ada yang salah dalam penulisan sehingga artinya berubah maka memohon untuk di ingatkan silahkan komentar saja. Saya yakin untuk pengguna blogspot sudah mengerti bagaimana cara menggunakan tag tersebut. Contoh penggunaaan nya pun mudah di pahami. Misalnya saja pingin menampilkan title blog maka untuk menuliskan kodenya.

  1. <data:blog.title/>

Komentar Blogger Layout Data Tags Global

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 2 komentar untuk update Blogger Layout Data Tags Global dengan id 7831457347531533282.

alice YGK

saya adalah blogger newbie san sedang belajar tentang semua ini, dari atas sampai bawah akan saya baca kata demi kata satu persatu walau agak mumed owh...makasih

19/10/13 08:42
Bowo Ekowidodo Sragen

wkwkwkwk ... sini sini aku ajarin,, berdua saja loh ya :D ..

19/10/13 11:23