Lebih Enak Blogspot Atau Wordpress

Sabtu, September 28, 2013

Satu pertanyaan klasik yang selalu saja muncul terutama untuk blogger baru seperti saya. Lebih enak blogspot atau wordpress? hmm, kalau menjawab ini sebenarnya dan sebaiknya harus tatap langsung agar bisa menjelaskan dengan detail. Tapi saya akan mencoba memberikan gambaran supaya agak sedikit terbuka untuk memahami sebuah CMS.

Kita tahu dan pernah saya singgung Blogspot adalah CMS manual. Apa apa serba manual, boleh orang mengatakan bisa kok posting otomatis. Namun akhirnya kalau ingin mengedit massal artikel, jatuhnya ke manual lagi. Dengan catatan yang memiliki blog tidak mengerti tentang API Blogger. Kalau mengerti mungkin masih bisa di akali. Berbeda sekali dengan Wordpress, oh ya disini saya tidak membicarakan wordpress. com tapi ke wordpress. org dan disini wordpress juga mewakili untuk CMS open source lain. Untuk wordpress kita bisa semaunya ingin berbuat apapun terhadap CMS tersebut.

Mungkin bisa di gambarkan pemakaian ke dua CMS ini seperti Rental Mobil. Sama sama mobil, sama merek, sama sama sopirnya tapi yang satu milik sendiri, yang satunya milik rental. Mungkin jika keduanya di pakai tetap akan sampai tujuan yang sama. Namun ada perbedaan yang satu terbatas akan fitur yang satunya bisa di tambahi semaunya. Kalau mungkin cuman asesoris ( widget) bisa saja keduanya di pasang, akan tetapi kalau sudah mengobrak abrik mesinnya hanya di perbolehkan untuk mobil yang punya sendiri bukan mobil sewaan.

Nah untuk kali ini saya lebih fokuskan pada pembahasan konten. Jadi enakan blogspot atau wordpress dalam manajemen kontennya. Sebenarnya ketika anda pilih blogspot atau wordpress seharusnya sudah tahu kebutuhan dalam pengolahan CMS. Dari sinilah anda akan mengerti dan merasakan sebenarnya mending blogspot atau wordpress dalam mengolah data yang di punya. Untuk tahu apa bedanya blogspot dengan wordpress dalam mengolah data saya akan mencontohkan sedikit kasus yang nanti bisa kita bicarakan dan disinipun anda bisa mengukur diri anda sampai dimana dan sudah butuhkan dengan CMS yang di maksud. Sebelum memasuki apa yang akan saya bahas mungkin anda bisa baca tulisan saya tentang Blogspot Atau Wordpress. Disitu sudah saya berikan poin poin yang akan di bahas disini.

enakan blogspot atau wordpress
Blogspot Atau Wordpress

Langsung saja kita bahas sebenarnya lebih enak blogspot atau wordpress dalam mengolah konten.

Pengguna Biasa Dan Terkonsep

Pengguna biasa di sini maksudnya, orang yang menggunakan CMS hanya terbatas pada posting, edit dan tidak memerlukan konsep dalam postingan. Ini lebih ke orang atau blogger yang suka curhat, nulis seenaknya tanpa memikirkan bentuk tampilan di postingan biar tertata rapi. Misal saja pingin posting tentang film, kan disitu jelas sekali film itu terdiri dari poster, actor, trailer, dan pendukung lain. Kalau pengguna biasa itu kebiasaan adalah posting semaunya. Kadang sinopsis di atas kadang di bawah dan bergantian dengan yang lain malah kadang object penting tidak di sertakan.

Berbeda sekali kalau sudah terkonsep letaknya di situ situ terus sesuai style yang di gunakan. Strukturnya pun juga sama tiap postingan menurut kategori. Hal ini akan lebih memudahkan dalam desain ketika desain sebuah blog sudah membosankan. Saya sendiri kadang membayangkan bagaimana suatu blog tanpa konsep jika suatu ketika ingin ganti template. Saya yakin postingan akan amburadul, misalnya video di halaman a ukuran 400x600 eh ukuran di halaman B menjadi 300x600 itupun masih pake float. Sungguh diluar pemikiran saya. :D

Mungkin ada sudah bisa membayangkan kasus tersebut, pengguna biasa dan terkonsep. Keduanya memang bisa menggunakan CMS blogspot atau wordpress. Namun untuk blogspot harus tetap manual dengan membuat template post. Disinilah tampak keruwetan Blogspot di banding wordpress. Anda bisa melihat salah satu contoh konsep posting di ads-id. com berikut

http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/167155-Share-Menggunakan-Excel-menjadi-Template-Post

Kalau Wordpress anda tinggal menambahkan table ataupun kolom dalam tabel di database untuk memasukan objek yang di butuhkan, tinggal nanti di buat relasi dengan tabel lain yang di butuhkan. Untuk input datapun bisa di buat seneka kita, dan malah mengurangi error serta gampang menangani ketika ada salah input. Perbedaan mencolok terletak pada jika konsep blogspot sifatnya statis karena hanya bisa di lakukan do postingan kalau konsep wordpress sifatnya dinamis jadi kapan saja bisa berubah. Untuk itu disini tetap menang wordpress untuk kemudahan.

Akan tetapi kalau pengguna wordpress masih saja memakai metode tidak terkonsep ataupun terkonsep statis dimana data dalam blognya itu memiliki kategori yang sama. Satu hal kemunduran, namun kalau sudah memakai terkonsep dinamis itu hal biasa. Namun bila blogspot memakai konsep saya menilai sudah luar biasa.

Relasi Antar Konten

Untuk kali ini pengguna blogspot biasa harus super kerja keras. Jangan membayangkan disini anda memakai javascript. Kita tidak membahas tentang widget tapi pengolahan konten yang tidak tergantung ke client. Pengguna blogspot biasa mungkin harus punya ingatan yang cukup kuat kalau sudah posting dan ingin di kaitkan. Bisa juga melalui search post. Namun cara ini kurang efektif dan terlalu lama. Berbeda ketika sudah terkonsep bisa dengan otomatis jika di temukan sebuah keyword. Sudah bisa membayangkan kan. Untuk pengguna wordpress mungkin sudah biasa mendengar atau memakai wordpress smart link

Jangan harap di blogspot bisa di gunakan untuk sekarang. Kalau ada yang share smart link itu memakai javascript dan akan hilang jika client mematikan javascript, dan juga sudah pada tahukan kalau javascript tidak bisa di telusuri robot, namun kadang cuman ngambil link di dalamnya. Nah kalau anda memakai konsep dalam posting saya yakin akan sangat di mudahkan. Namun kembali lagi, lagi lagi harus ribet berbeda dengan wordpress yang hanya memasukkan plugin dan setting keyword, jika suatu saat tidak di butuhkan bisa di hilangkan.

Replace Data Posting

Pengguna blogspot yang terhormat, untuk kali ini mungkin anda harus pasrah dan tunduk pada pengguna wordpress wkwkwk. Bukan karena blogspot tidak bisa melakukan sangat bisa namun hanya untuk orang orang tertentu saja . Contoh saja metode berikut

http://www.ads-id.com/forums/showthread.php/130202-SHARE-Darurat-Mengganti-amazon-ID-di-blogspot-yang-postnya-udah-ribuan

Metode replace ini bisa anda terpakan untuk kata apapun dalam object yang di tuju. Namun kembali lagi, itu hanyalah script client side, kalau client mematikan javascriptnya tetap saja hasilnya tidak sesuai yang di harapkan. Jadi yang bisa di lakukan adalah mengedit postingan. Kalau sebelumnya anda posting terkonsep saya yakin akan sedikit mengalami masalah di waktunya saja. Namun untuk yang tak terkonsep, saya yakin kalau tidak kuat iman blog akan di delete wkwkwk. Untuk wordpress jangan khawatir, ada metode replace yang bisa dengan cepat update data yang ada di data base ataupun replace sebelum di tampilkan di client. Jadi scriptnya adalah server side. Lagi lagi disini wordpress dan opensource lain lebih unggul.

Untuk urusan SEO saya tidak mau menyinggungnya, karena memang tidak ada ukuran yang bisa di jadikan patokan. 3 poin saja sudah penuh postingnya. Jadi kesimpulannya bagaimana?

Entah Blogspot Atau Wordpress semuanya memiliki kelebihan masing masing, tinggal anda menentukan sampai mana kemampuan anda untuk mengolah data. Kalau saya yang di tanya lebih enak blogspot atau wordpress, maka jawaban saya adalah WORDPRESS / Open Source. Namun karena keterbatasan dana maka saya memilih blogspot dan semaksimal mungkin membuat blogspot serasa opensource walau cuman maximal di konsep statis.

Komentar Lebih Enak Blogspot Atau Wordpress

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 5 komentar untuk update Lebih Enak Blogspot Atau Wordpress dengan id 8294830896838292777.

Fashion Remaja

aku masih cinta blogger mas... gak tau kenapa... kali cinta pertama ya heheh.. salam kenal dab

28/5/14 16:15
Baju Muslim Online

Sy lebih suka WP... tampilan simple trus lebih rapih aja... :)

30/8/14 13:36
alfitho sandy bahar

enakan blogger lah

25/12/14 10:17
alfitho sandy bahar

saya punya dua duanya

25/12/14 10:19
Kusen

Dua2nya sebenernya saya suka... Hanya saja sy lebih banyak menggunakan WP krn gak terlalu ribet klo menurut sy....hehehe....

12/8/15 18:07