Optimasi SEO Image Mengubah Ukuran Foto Di Blog

Rabu, April 17, 2013

Sudah lama kayaknya tidak menyinggung tentang optimasi blog. Nah hal ini sebenarnya di awali dari baca status di facebook yang sebenarnya lebih ke seo image plugin wordpress atau plugin untuk membuat thumbnail WP. Kali ini saya tidak membahas tentang wordpress karena saya juga tidak begitu mengerti tentang wordpress wkwk. Namun kali ini saya akan sedikit membahas fungsi picasa image host dengan seo image. Jadi kali ini lebih ke layanan picasa yang juga sudah menjadi satu dengan blogger.

Boleh dikatakan untuk membahas seo image optimization ini saya cuman bisa menebak nebak saja pengaruhnya terhadap search engine. Karena sampai saat ini yang namanya ilmu SEO itu tidak pasti. Sudah sudah kalau membahas SEO nya pasti tidak akan berhenti wkwk. Pasti anda yang disini sudah tidak asing lagi dengan image blog, saya yakin yang sudah dan baru ngeblog pasti berurusan dengan image terutama untuk foto blogger. Sampai sampai ada beberapa blogger yang mencari foto blogger template buat menampilkan koleksinya.

Nah untuk kali ini saya akan membahas mengenai seo images lebih ke ukuran image bukan ke seo image filename ataupun juga yang sering orang bicarakan ke seo image alt tag. Sebenarnya jika kita menginjak ke sini kita harus mengerti dulu apa kebutuhan kita tentang image tersebut. Mau buat gaya gayaan, buat membantu artikel atau hanya sekedar buat downloadan. Nah dari sini kita akan bisa tahu dan memperlakukan image tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dan dari situ dengan mudah optimasi seo image ini di terapkan.

Karena kita akan membahas optimasi seo image blogger pada ukuran maka yang perlu anda perhatikan adalah hasil jadinya dan bagaimana bedanya. Ukuran sangat penting dalam suatu image karena pasti akan menentukan besarnya halaman yang akan di load, dan hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas suatu halaman bagi pengunjung. Terlalu gede image akan memperlambat loading, terlalu kecil image akan membuat tidak jelas maksudnya. Jadi disini kita di tuntut tahu berapa ukuran yang pas suatu image bagi artikel ataupun bagi blog tersebut. Jika kita memuat image terlalu gede dan kemudian di resize menjadi kecil hal ini yang merupakan pemborosan, dan hal ini lah yang akan kita hindari karena jelas akan menurunkan nila halaman.

Jika kita berurusan dengan picasa maka hal ini akan sangat mudah kita lakukan. Kita hanya sedikit mengubah url gambar dan optimasipun sudah berjalan. Namun cara ini pasti ada yang belum mengerti, dan kenapa dulu sudah saya sampaikan bahwa mengupload image di picasa lebih baik di banding yang lain, karena hal ini belum saya temukan di image host yang lainnya. Cara yang bisa dilakukan untuk optimasi SEO ukuran image adalah sebagai berikut.

Untuk mempermudah memahami apa yang saya sampaikan maka saya akan memberikan contoh image blog awal sebagai berikut. Ini kita asumsikan adalah image yang masih asli tidak ada resize apapun dengan ukuran image 630x354px lebar 630 pixel tinggi 354 pixel.

Optimasi SEO Image

Alamat image

  1. http://3.bp.blogspot.com/-b_qNoA89UVU/UW6wV4hSc8I/AAAAAAAAMMw/-_4ABC__Jm4/s1600/optimasi-seo-image.jpg

Optimasi Mengubah Ukuran Image

Ada kalanya kita menginginkan ukuran gambar yang berbeda dengan aslinya tersebut. Misal saja saya menginginkan ukuran image blog dengan lebar 300 pixel, maka cara yang saya lakukan adalah dengan mengubah url dimana /s1600/ di ganti dengan /s300/ contohnya sebagai berikut

  1. http://3.bp.blogspot.com/-b_qNoA89UVU/UW6wV4hSc8I/AAAAAAAAMMw/-_4ABC__Jm4/s300/optimasi-seo-image.jpg
Optimasi seo images friendly

Mungkin ada pertanyaan bagaimana jika kita menginginkan yang menjadi acuan adalah tingginya. Nah disini agak sedikit ruwet, ilmu matematika anda harus di gunakan. Hal ini dikarenakan image blog yang kita gunakan adalah image melebar maka untuk mengacu tinggi kita harus memakai pembanding. Caranya sebagai berikut, contoh saja saya kepingin tinggi image 200px. Hitungannya, (200/354) x 630 = 355.9 di bulatkan menjadi 356. Jadi nanti urlnya menjadi

  1. http://3.bp.blogspot.com/-b_qNoA89UVU/UW6wV4hSc8I/AAAAAAAAMMw/-_4ABC__Jm4/s356/optimasi-seo-image.jpg
Optimasi seo images friendly

Itu tadi pengubahan ukuran image dengan mengacu pada ukuran lebar dan tinggi. Sekarang mengacu pada bentuk kotak, kadang kala ini di perlukan untuk sebuah thumbnail image blog agar lebih tertata rapi. Nah suatu saat kita butuh misal ukuran gambar 250x250px maka cara yang dilakukan adalah dengan mengubah url image penambahan -c contohnya /s1600/ di ganti dengan /s250-c/

  1. http://3.bp.blogspot.com/-b_qNoA89UVU/UW6wV4hSc8I/AAAAAAAAMMw/-_4ABC__Jm4/s250-c/optimasi-seo-image.jpg

Pengambilan ini akan di lakukan memotong ukuran tinggi 250px kemudian memotong selebar 250px dan hasilnya sebagai berikut.

Optimasi SEO image blogger

Masih belum puas dengan optimasi image blog tersebut. Kali ini berlanjut dengan pemotongan seperti sebelumnya dan akan memotong di tengah. Nah Karena kita menginginkan ukuran image 250x250px maka yang perlu dilakukan adalah dengan penambahan -p contohnya /s1600/ di ganti dengan /s250-p/

  1. http://3.bp.blogspot.com/-b_qNoA89UVU/UW6wV4hSc8I/AAAAAAAAMMw/-_4ABC__Jm4/s250-p/optimasi-seo-image.jpg
Optimasi SEO image blogger

Itu tadi beberapa cara untuk optimasi image dengan mengubah ukuran image sesuai kebutuhan. jadi diharapkan akan meminimalisir keborosan dalam menampilkannya. Sekarang waktunya anda memikirkan apakah cara ini memang benar benar efektif untuk anda terapkan atau tidak. Kalau saya pasti saya terapkan. Selamat berkarya semoga dengan sedikit ulasan saya ini bisa bermanfaat bagi semuanya.

Komentar Optimasi SEO Image Mengubah Ukuran Foto Di Blog

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 9 komentar untuk update Optimasi SEO Image Mengubah Ukuran Foto Di Blog dengan id 5264766049301854234.

Odhi Fernandus Sitohang

Sungguh baru tahu, kalai resize img bisa pada bagian URL gambar...
Makasih banyak dehh Mas Bowo...

18/4/13 11:53
MRizal Wrc

Berarti tanpa kita menggunakan html width atau height kita bisa merubah ukuran gambar tersebut menjadi lebih seo begitu ya..
terima kasih ..

14/6/13 21:26
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau soal atribut width height untuk sekarang mesti di berikan biar browser lama masih bisa menampilkan sempurna

15/6/13 08:24
salman

haha baru tau saya ada yang kayak gini. mantap tutornya

23/6/13 11:55
SEO Services

ane malah blogger gk tau bro, sudah terbiasanya pakai wordpress.. haha.. kebalikan kita, tp thanks ilmunya.

25/6/13 10:25
jual jersey bola

kalo untuk menambahkan title dan alt image bagai mana ya mas, soalnya saya masih pemula? mohon pencerahaanya.

3/7/13 20:11
Abed Saragih

Ternyata perlu juga pendalaman untuk optimasi seo di image yang satu ini bagi saya Mas :)

15/7/13 11:12
Nurya nurul yakin

mantap gan, dari kemarin saya cari artikel ini , sekarang baru ketemu

makasih atas infonya

7/8/13 14:29
Muhammad Faris Al Fatih

baru tau saya mas ternyata di html gambarnya pun bisa diselipkan kode untuk mengatur ukurannya.. kereen deh.. ^^ terima kasih mas atas ilmu yang sangat bermanfaat.. ^^

11/10/13 17:15