Online Blogger Template Editor Terbaru

Sabtu, April 13, 2013

Beberapa hari yang lalu, banyak sekali yang mencurahkan uneg uneg tentang perubahan template editor blogger. Hal ini terutama terjadi di beberapa group yang saya ikuti dan kebanyakan blogger pengguna blogspot. Mungkin saya salah satu yang ketinggalan tentang fitur online template editor blogspot ini. Bisa di maklumi karena pada saat itu saya lagi di perkampungan nan jauh dari kota Sragen. Kalaupun bisa internetan itupun kemungkinan kecepatan yang didapat hanya up to 2kBps. Bayangkan dengan kecepatan tersebut untuk membuka dashboard blogger.

Beberapa orang juga membahas tentang hal ini ada yang sangat kesusahan dan ada juga yang malah suka dengan penampilan baru template editor online blogger ini. Nah hari ini kesempatan saya membuka fitur baru tersebut. Sebelum menginjak dan membuka template editornya, sedikit sedikit saya membaca apa yang ada di buzz blogger yang membahas tentang perubahan editor HTML blogger Blogger Buzz: Improvements to the Blogger template HTML editor.

Rasa penasaranpun muncul, seiring beberapa blogger yang kesulitan menggunakannya. Terutama yang sudah friendly dengan HTML Editor lama yang dengan mudah menggunakan CTRL+F untuk mencari kode setelah di expand. Namun untuk editor HTML terbaru blogspot ini kesulitan untuk menggunakannya. Namun bagaimana tanggapan Blogger Sragen mengenai editor terbaru blogspot tersebut. Kita simak saja ulasannya yang tidak seberapa sebagai berikut.

Konsep yang digunakan dalam editor HTML terbaru ini sangat bagus. Akan sangat memudahkan para programer untuk mengedit template secara online. Dengan beberapa pilihan yang mempermudah seperti Lompat ke Widget, Format template dan Pelipat kode. Mungkin baru tiga itu yang mengalami perubahan signifikan untuk yang lain sebenarnya sama saja. Mungkin ada yang belum saya temukan, soalnya juga tergantung dengan koneksi yang saya gunakan.

Untuk yang sering coding dan membuat template sendiri pasti akan sangat di mudahkan dengan Lompat ke Widget ini. Konsep yang tertata di bagian template akan sangat terbantu dengan munculnya fitur ini. Misal saja bagian header, widget akan di beri kode 1-10 misal HTML1, HTML2, dan di bagian sidebar misalnya di beri kode 31-40 misalnya HTML31, HTML32. Jadi disini akan mudah menghafal dan menunjukkan langsung di tempatnya. Berbeda jika anda hanya sebagai plagiat, cloner, editor, copaser. Anda mungkin akan sedikit mengalami kesulitan ataupun malah sangat merasa sulit dengan fitur ini. Bisa di maklumi, untuk para editor tidak mengerti alur yang di gunakan sang pembuat template.

Berlanjut kembali ke Format Template, sebenarnya tidak ada yang spesial dengan fitur ini, jika anda sudah sering menggunakan Notepad++ dengan plugin XML Tool maka anda pasti sudah mengenal Pretty Print. Malah di notepad ++ tersebut ada beberapa menu yang bisa memformatnya. Kalau memang anda bukan pengguna Notepad++ mungkin kenal dengan XMLMarker. Nah dalam aplikasi inipun juga ada yang namanya Indent. Tinggal klik dan format bagaimana bentuk penjorokannya. jadi kalau memang sering coding dan menggunakan HTML Editor online saya yakin tidak akan mengalami masalah untuk hal ini. Malah sangat terbantu ketika debug dan validasi kode, entah itu HTML ataupun script semacam javascript.

Lanjut kembali mengenai Pelipat kode atau new fold markers. Lagi lagi fitur ini sebenarnya sudah ketinggalan. Lama fitur ini ada di HTML editor offline. Kalau sering menggunakan Notepad++ anda pasti akan mendapatkannya di bagian samping, dengan ketentuan anda sudah menentukan languange yang di gunakan misalnya XML. Jadi saya yakin untuk yang sudah sering melihat dan menggunakan pasti tidak akan jadi masalah. Berbeda jika pengguna baru dan belum mengenal HTML editor. Akan sangat kesusahan dengan fitur ini, yang mana sebenarnya fitur ini sangat dan sangat membantu para programer untuk menentukan sub mana yang akan di kerjakan dan tidak akan menganggu sub lain. Tinggal tutup sub yang tidak di gunakan dan buka yang ingin di edit.

Online Blogspot Template Editor Terbaru

Jadi sebenarnya editor ini bukanlah hal baru bagi para desainer maupun programer. Masih banyak sebenarnya pekerjaan tim blogger jika ingin editor ini menjadi super. Seperti autocomplete, pemisahan code default template antara HTML CSS dan Javascript, auto save ke temporary dan lain lain yang memang bisa membantu para programer. Untuk ulasan lain silahkan baca dari link link berikut

Daftar Pengulas Template Editor Blogger Terbaru

  1. Perbaikan Blogger Template HTML Editor Dari Blogger Buzz
  2. Blog Anda , comment

Silahkan komen dengan baik, dan pilih name/url masukkan link ulasan anda, dan jangan live link maka akan saya tambahkan ke daftar pengulas :D

Komentar Online Blogger Template Editor Terbaru

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 9 komentar untuk update Online Blogger Template Editor Terbaru dengan id 2595920962613558189.

Blogger Indonesia

Aku baru tau tadi sore kang, pas mau pasang script iklan di dlm theme.
Bagiku gak ada masalah dg yg baru, malah lbh enak aja.

13/4/13 23:00
Bowo Ekowidodo Sragen

Wah klo u sih mesti ndak ada masalah om :D, mesti lebih enak toll offline nya :D

13/4/13 23:04
Miftahul Huda

mantepp om..

14/4/13 06:55
Bocah Poris blog's | Tips Trik Blogger Pemula

Belum terlalu paham niy seluk beluk notepad++ padahal dah punya..
nanti tak bahas juga ah .. :D

14/4/13 09:13
tips kesehatan

memang banar itu lebih mudah kang.. Namun perlu hati hati juga karena seperti kendala yang saya hadapi, yaitu

Ketika saya menekan format, secara otomatis kode akan menjorok seperti yang yang sampeyan bilang tersebut. Disinilah yang menjadi permasalahan pada salah satu blog baru saya dimana ada javascript yang berubah susunanya, misalkan sebelumnya satu baris bisa ganti baris dan hal tersebut membuat beberapa fitur dan penampilan pada blog tidak work. contoh: readmore, related artikel dan FB like.

1. readmore ; sebelumnya readmore menggunakan ikon, button dan berubah menjadi hilang dan text bisa penuh dalam satu kolom post di beranda.

2. Related artikel : Related artikel jadi tidak work atau hilang dan tidak ada satupun yang muncul.

3. Button FB like : hal ini juga terjadi kerusakan pada button FB like dimana semua button mulai dari FB like, FB share hilang.

Setelah saya coba untuk menggabungkannya lagi seperti sebelumnya baru ini work lagi. tapi ketika saya tekan "format" pada edit templatenya, susunan itu berubah lagi. Inilah yang membuat saya heran dan masih ada tanda tanya. (Barang kali ada masukan? )

Sori kang klo kepanjangan.. cuman ingin berbagi saja n salam kenal di blognya. meski di group udah kenal.. :D

salam dari SOLO

14/4/13 09:27
Blogger Muntok | Blogger ID

Wah, si newbie kaya ane ora mudeng nih masalah HTML..
Tapi, gpp lah. Infonya berkesan banget

14/4/13 09:29
Bowo Ekowidodo Sragen

@Miftahul Huda : Tulisan sopo loh, mesti mateb lah wkwkwk
@Bocah Poris blog's : Emang ndak perlu sih memahami tentang notepad++ sebagian besar hampir sama dengan editor offline lainnya
@tips kesehatan : Kehati hatian memang perlu, sekarang saya tanyain lagi, ini kan yang bermasalah javascriptnya yang di di jorokkan dan sebelumnya 1 line kan. Nah ini copas atau coding sendiri? klo coding sendiri biasanya tidak akan menjadi masalah karena konsepnya banyak line dengan indent kemudian di one linekan, jadi kayaknya akan sangat jarang mengalami error.
@Blogger Muntok , lha blogger kok ndak ngerti HTML, terus klo optimasi dalam posting gimana? :O

14/4/13 10:59
Rohmatullah

Terima kasih ya mas infonya.. Sangat membantu saya ^_^

14/4/13 14:54
Dharla Ferdana

artikelnya keren thanks sudah berbagi kawan, kunjungi juga www.dhf.web.id

17/5/13 23:49