Cara Mengganti Icon Form VB 6.0

Melanjutkan pembahasan visual basic 6.0. Kali ini saya akan meneruskan pembuatan program vb sederhana yang kemarin juga sudah saya bahas mengenai membuat exe dari vb. Untuk kali ini akan saya singgung sedikit tentang cara mengganti icon pada program vb. Cara ini mungkin bagi yang sudah sering membuat aplikasi visual basic sudah tidak asing lagi, namun saya yakin ada beberapa pemula seperti saya yang masih bingung dengan cara mengganti icon di vb 6.

Kita lihat setelah membuat vb menjadi exe, maka akan melihat ikon yang itu itu saja. Juga di form pojok juga begitu begitu saja. Kadang kita sendiri juga bosan dengan tampilan tersebut. Dan ada kalanya kita kepingin menggantinya. Tapi hal ini terkendala karena kita sendiri belum mengetahui cara mengganti icon form vb6 maupun yang sudah di jadikan exe.

Jika kita melihat di bagian properti form, yaitu dengan mengaktifkan pengeditan di form maka akan ada properti icon disana. Namun kadang kala kita menemukan error saat menggantinya. Yaitu tampil pesan Invalid property value, kadang kita bingung kenapa hal ini terjadi. Rupanya untuk mengganti icon di vb tersebut harus menggunakan image dengan format 256 warna.

Jadi yang perlu kita siapkan untuk bisa mengganti icon pada program vb di formnya adalah dengan menyiapkan icon yang memiliki maximum 256 warna. Jadi yang sering mencari icon icon bagus dan terbaru yang perlu di perhatikan adalah jumlah warnanya. Untuk ukuran biasanya akan di resize sesuai kebutuhan dalam form tersebut.

Nah bagaimana kalau kita sangat tertarik terhadap suatu icon namun warna pada ikon tersebut melebihi 256 warna. Mau tidak mau jika kita menginginkan menggunakan icon tersebut untuk mengganti icon di form visual basic maka kita harus mengeditnya lebih dulu. Soal cara mengeditnya bisa kita bahas kemudian, tapi bocorannya saya biasanya menggunakan Junior Icon Editor untuk mengubah icon menjadi 256 warna maupun membuat icon 256 warna.

Cara mengganti icon form vb6 ini bisa kita lakukan langkah langkah sebagai berikut.

cara mengganti icon form vb6
  1. Siapkan icon pengganti dengan maximum 256 warna agar saat load tidk error dan taruh di folder yang mudah di temukan atau kalau bisa jadikan satu dengan projectnya.
  2. Aktifkan edit form dan pada bagian form
  3. Fokus ke properties form dan cari menu icon
  4. Klik tombol Browse [. . . ]
  5. Setelah tampil jendela load icon maka cari icon yang sudah di siapkan tadi
  6. Pilih icon pengganti tersebut, dan klik Open.

Jika memang format icon benar dan tampil berbeda maka cara mengganti icon form vb6 tersebut sudah benar. Kalau memang belum bisa terganti ikonnya maka pelajari kembali cara mengganti icon program vb dan perhatikan mungkin ada langkah-langkah yang salah. Selamat bekerja dan berkarya.



Relasi Cara Mengganti Icon Form VB 6.0

Gaptek

Thanks gan, ternyata mudah! Ane malu kurang teliti lihat-lihat propertiesnya.

8/6/13 15:33
Jersey MU Home 2014

Terima kasih nih tutorialnyanya. lagi cari2 nih saya

15/6/13 06:05

[ 2 ] Komentar Cara Mengganti Icon Form VB 6.0

Jangan menaruh live link di kotak komentar.