Cara Membuat VB Menjadi Exe

Minggu, April 07, 2013

Boleh di bilang sudah lama banget Blogger Sragen tidak menulis tentang Visual Basic klasik atau lebih di kenal dengan Visual Basic 6.0. Setahu saya memang itulah versi terakhir dari Visual Basic sebelum berganti ke Visual Basic. net. Saya sendiri memang masih setia menggunakan VB 6.0 karena jika ingin berpindah mesti masih ogah ogahan. Kaya mengulang dari awal.

Kali ini untuk mengawali kembali tentang senggal senggol Visual Basic 6.0 saya akan membahas yang ringan ringan dulu. Untuk bahasan kali ini jauh dari yang namanya coding. Nah untuk kali ini saya akan menyenggol mengenai cara membuat VB menjadi exe. Mungkin di sebagian pengguna VB masih bertanya tanya, setelah coding dan bisa membuat project bagaimana menyimpannya VB menjadi exe?.

Cara membuat program VB menjadi file exe memang bukanlah pekerjaan yang mudah akan tetapi sangat mudah sekali. Untuk bisa melakukan hal ini yang perlu di lakukan adalah mengenali segala menu yang ada di tampilan Visual Basic tersebut. Dengan begitu cara membuat file VB menjadi exe pun tak akan mengalami kendala yang berarti.

Untuk yang kepingin tahu bagaimana cara membuat program VB menjadi .exe maka anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti yang saya lakukan. Tidaklah sulit untuk yang sudah sering dan sudah pernah membuka Visual Basic. Untuk yang masih penasaran dengan cara membuat program Visual Basic 6.0 menjadi exe ini silahkan lakukan langkah langkah berikut

cara membuat file vb menjadi exe
  1. Buka Visual Basic dan project nya atau kalau belum punya project apapun silahkan buat saja, asal saja kan cuman latihan.
  2. Setelah siap maka langsung menuju menu file
  3. Klik bagian menu Make project1 .exe. Untuk project saya telah saya namai lrcMaker maka di situ tertulis Make lrcMaker.exe. . .
  4. Tinggal simpan saja dimana yang anda suka.

Sampai disini sebenarnya tidak ada yang sulitkan dengan cara membuat program Visual Basic 6.0 menjadi exe ini. Biasanya akan menjadi sulit karena kita takut untuk mencoba. Nah biar kita gampang dan mengerti benar cara membuat file VB menjadi exe ini silahkan praktekkan saja. Kalau sudah dan file yang di jadikan exe tidak berguna bisa di hapus. Selamat mencoba membuat VB menjadi exe

Komentar Cara Membuat VB Menjadi Exe

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 11 komentar untuk update Cara Membuat VB Menjadi Exe dengan id 325693020259498289.

huda sabrie

gk bisa di klik loh Make project1.exe ,,, gimana tuh ?

30/6/13 17:32
Bowo Ekowidodo Sragen

Salah dalam penyimpanan paling ;) .. dari dulu saya make VB belum pernah ngalami ndak bisa di klik :D

30/6/13 19:25
suainul yaqin

huda sabrie kamubenar vb juga seperti kamu gimana caraya

11/7/13 15:26
fera ajah

ketika di klik project yang telah di exe langsung muncul pesan couldn't fine file 'c:\useramy\dekstop\databaseperpus.mdb'. th knp yah ?

21/8/13 19:49
fera ajah

setelah itu gag bisa klik menu apapun .... bagaimana solusinya :(

21/8/13 19:52
Bowo Ekowidodo Sragen

Klo itu file database access nya tidak ketemu.. coba jadikan satu dengan applikasinya

21/8/13 19:55
TenBlog

admin, klo udah pernah di exe begitu, seperti yang di atas itu mau di betulin lagi,ada yang kurang..
masih bisa ga ya di exe lagi..??

23/8/13 17:28
TenBlog

setelah di exe apa bisa di exe kembali, min...???

23/8/13 17:35
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau sudah di jadikan exe ya ndak bisa di ubah kembali seperti biasa:D.


Paling kalau bisa itu hanya mengubah icon dan sebagian teks itupun harus lewat program khusus

24/8/13 06:43
edhy

kenapa ya aku punya setelah di make jadi exe, laporannya kog gk bisa muncul alias eror..??
mohon pencerahannya...

7/1/14 12:43
Bowo Ekowidodo Sragen

Itu laporan apa dulu? kalau memerlukan path dan pada saat di compile exe beda path/foldernya mungkin ini yang bermasalah :D ..

mau membantu kalau bisa cuman kalau tidak tahu error nya juga ndak bisa bantu he3

8/1/14 21:07