Biaya Perpanjangan SIM Syarat Tanpa Ujian Soal Tes

Kali ini sedikit membahas tentang cara memperpanjang SIM. Kita ketahui SIM adalah Surat Izin Mengemudi yang masa berlakunya 5 tahun. Saya membuat SIM sekitar tahun 1997 kalau di hitung sudah 4 kali saya memegang SIM yang berbeda dan sudah 3 kali saya memperpanjang SIM. Namun yang terbaru ini ada sedikit perbedaan dari perpanjangan SIM sebelumnya.

Saya memperpanjang SIM ini dikarenakan ada rasa was was juga jika keluar memakai motor. Bagaimana tidak, sebenarnya sim telat di perpanjang 4 bulan. Jadi dalam 4 bulan tersebut SIM saya mati, namun untunglah saya bukan seseorang yang sangat mobile dan boleh di hitung kapan keluar memakai Motor. Kebetulan saya hanya punya SIM C untuk sim A belum ada gambaran :)). Dalam 4 bulan tersebut kayaknya cuman 1 kali PP , Sragen Solo selebihnya saya cuman di rumah, itupun keluar hanya untuk sholat Jum'at dan jalan kaki. Jadi tidak merasa bersalah banget keluar dengan motor tanpa SIM yang masih hidup.

Dari pengalaman dulu yang pernah juga mengantar adik untuk memperpanjang sim yang telat 2 tahun, rupanya harus membuat baru. Hal ini sesuai peraturan yang mengharuskan membuat baru untuk SIM yang mati lebih dari 1 tahun. Nah kemarin sempat bingung juga dengan membaca info yang mengatakan adanya peraturan baru mengenai perpanjangan SIM, jika telat harus membuat baru dan tidak ada maximal telatnya. Atau bisa di bilang telat memperpanjang harus buat baru. Daripada bingung langsung saya cek sendiri. Setelah masuk ruangan pembuatan SIM membaca bahwa telat maximal 1 tahun buat baru maka menjadi lega. Soalnya males kalau di suruh tes lagi :D.

Kemungkinan info yang saya dapat itu dari orang yang kena bujuk rayu calo calo yang menawarkan jasanya. Tapi jujur kemarin saat perpanjangan SIM di Sragen tidak ada calo yang mendekati saya tidak seperti tahun tahun sebelumnya saat saya memperpanjang SIM sendiri maupun adik saya. Rupanya harga selisih yang saya dapat cukup lumayan juga jika di urus sendiri dengan memakai calo. Paling tidak 100rb harus keluar untuk membayar calo, kemarin malah sempat membaca kalau tidak salah ada yang keluar dana sekitar 235rb, sungguh luar biasa wkwkwk. Bandingin saja saya hanya habis 100rb an.

Ada sedikit yang beda dengan tahun tahun sebelumnya ketika saya memperpanjang SIM, rupanya meja ibu ibu yang menyambut kedatangan tamu :D sudah tidak ada. Ibu ibu tersebut adalah ibu ibu dari asuransi. Dari yang saya baca pengalaman teman teman yang memperpanjang SIM di tempat lain rupanya meja asuransi ini masih ada, kalau dulu 10rb rupanya sekarang sudah mencapai minim 30rb :O . Gede juga untuk ukuran pengangguran seperti saya. Lha 100rb saja harus nunggu 4 bulan wkwkwk

Itu cerita saya memperpanjang SIM di Sragen. Untuk proses perpanjangan SIM sepertinya setiap tempat sama saja. Untuk cara perpanjangan SIM di Sragen langkah langkahnya sebagai berikut.

Biaya Perpanjangan SIM
  1. Siapkan KTP asli dan SIM asli kemudian di foto copy 2 kali. Jangan lupa bawa pulpen.
  2. Tes kesehatan terutama untuk mata, untuk yang tidak tahu tempatnya, mungkin bisa langsung menuju disekitar Polres Sragen, keutara nanti ada perempatan dan kebarat 10m paling pojok sendiri, menghadap keselatan. Disini nanti hanya diminta 1 foto copy KTP dan 1 foto copy SIM , kalau lupa foto copy disini ada juga tempat foto copynya. Untuk tesnya yaitu membaca angka berupa titik titik atau biasa di sebut angka cecak :)).
  3. Langsung menuju tangsi atau tempat untuk memperpanjang SIM tersebut yaitu di dekat PLN Sragen, kalau tidak tahu lagi SMA kristen kalau tidak salah. Kalau memang dulu membuat SIM nya di Sragen pasti tahu tempatnya.
  4. Beli dulu map di parkiran, biasanya nanti di dalam disuruh untuk membeli map
  5. Masuk ruangan, langsung menuju loket 1 untuk mengambil formulir dengan menyerahkan hasil tes kesehatan sama foto copy SIM dan foto copy KTP.
  6. Cari tempat duduk di bagian timur, hal ini untuk memudahkan anda dalam mengisi formulir karena ada panduannya disana di bagian depan samping loket 4. Isi sesuai yang data anda menurut contoh tersebut.
  7. Menuju loket pembayaran BRI, tidak usah bingung ke Bank BRI segala, disana sudah tersedia, loketnya sebelah barat dekat pintu. Bayar untuk perpanjangan SIM.
  8. Menuju loket 2 untuk mengantrikan data buat berfoto ria. Kalau sudah di ACC petugasnya berarti sukses, kalau belum nanti akan di pandu untuk mengisi formulirnya.
  9. Tinggal nunggu nama dipanggil untuk foto SIM
  10. Jika merasa namanya di panggil untuk memasuki ruangan foto SIM masuk saja, tapi jangan lupa duduk dengan manis saat diantrian dalam sambil berdandan, foto SIM ndak bisa di ganti seperti foto profile facebook atau foto profile twitter, dan harus sendiri ndak boleh sama pasangan :)). Dandan yang cakep, dan ikuti instruksi petugas pengambil foto cakep anda.
  11. Foto sim selesai, nunggu di bagian timur kembali di dekat loket 4 buat nunggu SIM jadi dan jangan lupa siapkan SIM yang sebelumnya. Kalau sudah di panggil ikuti instruksi dari petugas penyerahan sim dan serahkan sim sebelumnya. Kalau sukses akan mendapat sim baru :D.

Bisa dibilang proses perpanjangan SIM ini sangat mudah pelayananya juga enak enak saja asal kita ndak neko neko, tetap sopan. Terus waktu yang dibutuhkan juga tidak lama seperti dahulu, paling sekitar 1 jam saja. Yang penting anda mengisi formulir dengan benar saya kira akan lancar saja. Jadi tidak usah pakai calo segala untuk proses perpanjangan SIM.

Kalu di tanya berapa biayanya untuk memperpanjang SIM sendiri. Mungkin di beberapa tempat bisa berbeda. Namun saya akan memberikan rincian biaya yang saya keluarkan untuk proses perpanjangan SIM di Sragen

KeteranganBiaya ( Rp )
Foto copy KTP + SIM 2X1.000
Pulpen1.500
Parkir tempat tes kesehatan1000
Biaya tes kesehatan20.000
Map1.000
Biaya perpanjangan SIM C 75.000
Bensin motor 1 liter4.500
Total104.000

Itu tadi kisaran biaya perpanjangan SIM C di Sragen. Yang penting anda manjalankan sesuai langkah langkah perpanjangan SIM yang benar maka biaya sudah pasti dan tidak ada lagi biaya yang lain. Jadi untuk anda tidak usah nitip lagi untuk perpanjangan SIM. Jalankan sendiri lebih asik kok, mosok biasanya sok preman, sok kuat di jalan geber geber gas knalpot hanya memperpanjang SIM saja tidak berani :)). Kasihan wkwkwk :p



Relasi Biaya Perpanjangan SIM Syarat Tanpa Ujian Soal Tes

Muhammad Adam Hussein

makasih infonya, cukup bermanfaat.

14/12/12 15:39
Bosogh_site

sampeyan tes e kapan bos?
aq maret sim e wes habis e, harus perpanjang ni...

22/12/12 15:44
Bowo Ekowidodo Sragen

Aku tes e Oktober 2012 akhir, Juni 2012 pertengahan masa aktif habis :D

22/12/12 15:50
Bosogh_site

whoah, brarti maret2 ngko mugo regone lan aturan e ora bedo yo lek, suwun lho ki inpone, hehehe

sisan gawe simB ketok e, hehe

23/12/12 22:48
Jefry

Apa masing2 wilayah biaya administrasinya berbeda ya ??
nice share

31/12/12 14:47
Bowo Ekowidodo Sragen

Lha nek ganti tahun yow ra ngeti nek ganti peraturan wkwkwk. Tapi tetep ono sosialisasi kok.. Nyantai wae

Setiap wilayah kemungkinan memiliki kebijaksanaan sendiri, namun untuk biaya formal biasanya sama karena setahu saya di tentukan dari pusat. Namun kemungkinan akan beda pada tahapan tertentu. Seperti tes kesehatan, penggunaaan map dll

31/12/12 14:54
areximut

wah anggarane meleset kui pak bos, iseh tambah 20rb maneh aku wingi, mergane mbok wedok njaluk dijajakne mie ayem jueee....hadedehh... :-p

16/1/13 03:15
Bowo Ekowidodo Sragen

wkwkwkw, edaaan.. miayam 20 ewuu :vdobel berarti wwkwkwk

16/1/13 11:14
Dhimas Kirana

perpanjangan sim di amplaz bisa kan mas.. jadi gak perlu ke polres.. :D

18/3/13 12:58

[ 9 ] Komentar Biaya Perpanjangan SIM Syarat Tanpa Ujian Soal Tes

Jangan menaruh live link di kotak komentar.