Meta Tag Blogspot SEO Friendly

Meta Tag, kalau membahas ini sama saja nanti akan menjadi melebar, karena memang tidak ada pegangan teknis dan hasilnyapun berbeda beda. Sebelum melanjutkan membahas, sebenarnya meta tag itu apa? Meta tag adalah tag meta yang memberikan informasi suatu halaman terhadap browser dan crawl. Nah disini saya fokuskan saja meta yang ada di head.

Kali ini masih menurut saya, karena sekali lagi tidak ada yang pasti untuk pegangan. Tapi kalau mau menalar pasti mengerti dengan tulisan saya ini. Menurut saya ada 3 macam meta tag. Meta tag baik, meta tag khusus atau pilihan dan meta tag buruk. Mungkin bagi sebagian orang meta tag buruk akan menjadi sangat baik atau sebaliknya. Disini akan saya berikan sedikir gambaran dan semoga anda mengerti.

Perlu ditegaskan kembali, disini terserah anda mau percaya dengan ulasan saya atau tidak. Tapi yang jelas kesalahan penulisan meta kadang bisa menyebabkan turunnya nilai page anda. Sebagai gambaran, dengan penulisan meta yang baik dan benar anda bisa mencapai target dengan waktu yang singkat tenaga sedikit, namun jika ada kesalahan penulisan bisa memakan waktu yang lama dan tenaga yang dikeluarkan jelas makin banyak, malah kemungkinan tidak mencapai target.

Saya disini akan sedikit memberikan contoh beberapa meta tag yang akan kita bahas dan anda bisa menambahkan di komentar, dan nanti akan dimasukan juga ke artikel ini.

Meta Tag Blogspot SEO Friendly

Meta Content Type

Tag ini diperlukan untuk menyatakan karakter yang anda gunakan dalam halaman web blog. Boleh saja tidak meyertakan tag ini namun yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan akan diperlakukan berbeda di beda browser. Dengan perlakuan berbeda jelas hasil yang ditampilkan berbeda juga. Coba lihat dulu meta tag google friendly.

HTML 5

  1. <meta charset="UTF-8" />

XHTML

  1. <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html;charset=utf-8" />

Meta Description

Meta tag ini merupakan tag yang menggambarkan isi suatu halaman. Entah berguna atau tidak tag ini namun bagi saya termasuk tag penting yang harus ada. Walau begitu tag ini ada batasnya juga. Menurut saya paling tidak maximal 160 karakter. Saya sendiri menentukan hal ini disesuaikan teknologi SMS. Terus hubungannya apa? :D.

Kalau anda merasa memang tidak ada hubungannya, coba anda buka google.co.id, masukan keyword terus lihat deskripsi halaman yang paling banyak dan hitung karakter yang ditampilkan disana :D. Nah itulah jumlah karakter maximum meta deskripsi yang disarankan. Coba juga lihat tutorial google tentang meta tag description google friendly dan jangan lupa juga lihat video meta tag description google.

  1. <meta content='bloggersragen.com wadah inspirasi bagi warga kabupaten sragen asri terutama blogger sragen online' name='description'/>

Cukup 2 meta tag itu saja bagi saya yang penting sekarang untuk meta yang lain akan dibahas selanjutnya beserta. Disini akan saya sertakan juga untuk tag yang penting juga.

Tag Title

Tag title sangatlah penting, dan memang wajib ada dalam halaman. Untuk maximum karakter sekitar 60. Tapi kadang saya memposting sampai 65 karakter.

Rel canonical

Tag link ini bagi saya wajib ada untuk disertakan, apalagi untuk blogger yang memang tidak bisa diredirect otomatis. Kalau yang CMS sendiri tidak menyertakan tidak apa apa, karena bisa diatasi dengan eksekusi di server. Yang perlu memperhatikan ini adalah para pengguna blogspot yang sudah mengcustom templatenya dan sudah menghapus.

  1. <b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Coba buka link salah satu artikel blog anda dan di url tambahlah dengan parameter semau anda misalnya

  1. http://www.bloggersragen.com/2012/10/bahasa-prokem-kamus-walikan-jogja.html

dan dengan penambahan parameter page=12345

  1. http://www.bloggersragen.com/2012/10/bahasa-prokem-kamus-walikan-jogja.html?page=12345

hasilnya akan tetap seperti ini

  1. <link href='http://www.bloggersragen.com/2012/10/bahasa-prokem-kamus-walikan-jogja.html' rel='canonical'/>

bukan

  1. <link href='http://www.bloggersragen.com/2012/10/bahasa-prokem-kamus-walikan-jogja.html?page=12345' rel='canonical'/>

Hal ini jelas, jika kedua link diatas kedeteksi crawl search engine halaman yang anda punya pasti kedeteksi Duplicate content. Pasti anda mengerti pengaruhnya hal ini bagi search engine. Jika anda mengabaikan maka salah besar, coba pelajari saja tentang rel canonical di google site friendly dan atau lihat video rel canonical google.

Bersambung ke



Relasi Meta Tag Blogspot SEO Friendly

Tips - Trik SEO Traffic Blog

iyaaaa gannn....
ane juga masih bingung dengan meta tag blog...
ada juga blog pasang meta tag banyak skali...
nga tau apa maksudnya...

24/12/12 22:54
Khewayz

yakin nih seo friendly?

6/1/13 16:05
KBD SEO

langsung saya praktekkin ke blog saya gan..
thanks ..

6/1/13 16:46
Bowo Ekowidodo Sragen

Kalau ndak yakin kan ada link link yang menerangkannya :D

6/1/13 19:29
Bimakuru

mbah, klo bikin per posting blogspot meta tagnya bisa menyesuaikan dengan artikel gimana caranya ? mohon pencerahan... :)

21/1/13 15:25
Bowo Ekowidodo Sragen

No pengaturan kan ono, tinggal aktifkan trus mengko pas posting ono input deskripsi :D

21/1/13 15:32
Bimakuru

woo iyo, lagi nemu aku, thx mbah...
jeh rung paham blogspot anyar kie hehee :p
*kurang update*

21/1/13 15:44
Risalahati

Apakah pengaruhnya jika kita sering mengubah meta tag yang telah lama kita pasang?
saya juga sering sekali mengedit template hampir tiap minggu karna merasa selalu ada yang kurang.apakah dampak dari hal itu? sebelumnya terima kasih atas penjelasannya

http://risalahatiku46.blogspot.com/

22/1/13 01:13
dodolanweb

bingung gan hehee

15/2/13 11:04

[ 9 ] Komentar Meta Tag Blogspot SEO Friendly

Jangan menaruh live link di kotak komentar.