Blogspot Atau Wordpress

Blogspot Atau Wordpress, satu pernyataan dan pertanyaan yang sering saya dengar dan lihat di beberapa tempat. Dulunya saya pernah membuat tentang keunggulan wordpress dibanding blogspot. Dan ternyata banyak juga yang membaca dengan komentar beragam, walau ada yang beberapa tidak membaca langsung komentar.

Tergelitik kembali menulis tentang 2 CMS ini kembali karena ada sesuatu yang membuat saya bisa terhibur. Sempat senyum juga rupanya tulisan saya di buat sebagai referensi sebuah tulisan tentang Pilih Blogspot atau Wordpress oleh Metal Cangkir. Mungkin kronologi saya membuat tulisan mengenai kelebihan wp dibanding bp belum di pahami.

Menulis keunggulan wp dibanding blogspot tersebut hanyalah sebagai jawaban rumor wp terbaik disegala lini yang disebutkan dan saya memberikan wacana sebaliknya. Saya tidak memihak satupun CMS tersebut, dan bukan pula karena saya pengguna blogger terus saya mengunggulkan blogspot. Saya sendiri saat ini ada CMS made in dewe , WP, BP dan beberapa platform lain. Tapi memang dari berbagai platform tersebut saya lebih tertantang menggunakan blogspot dan dipastikan ada alasannya.

Sebenarnya jika kita membandingkan keduanya harusnya mengerti apa yang dibandingkan. Jadi bukan hanya membandingkan, namun kita tidak mengerti prosesnya. Bisa bisa nanti gampang di sanggah orang lain. Kalau saya malah senang di sanggah karena semakin ada alasan untuk belajar. Rupanya setelah saya melihat dan membaca beberapa tulisan yang membandingkan blogspot dengan wordpress (org) ada sedikit kesalahpahaman yang mungkin bisa memelintir pemahaman.

wordpress atau blogspot

Ada yang mengatakan untuk blogger profesional harus memakai wordpress bukan blogspot apakah hal ini sepenuhnya benar? belum tentu. Kayaknya yang menyatakan ini berbeda pengartiannya dengan dengan arti blogger menurut saya. Blogger menurut aku adalah orang yang membuat tulisan dalam web blog. Jadi disini orang bukan mesin yang menulis. Profesional sendiri adalah profesi atau pekerjaan. Jadi blogger profesional adalah orang yang menikmati menjadi penulis di blog dan akan memperoleh imbalan dari jasanya tersebut. Jadi jika itu adalah profesi dia tidak akan mengeluh apapun toolsnya, entah mau blogger, wordpress, joomla, drupal dan lain lain. Kalau masih mengeluh dan meninggalkan tools tersebut, bukanlah seorang yang profesional.

Lanjut lagi anggapan, blogspot itu hanya untuk blog personal, blog curhat-curhatan, blog anak SMA. Wow asik juga nih anggapannya. Mengerti tidak yah tentang CMS ? Pasti mengertilah kan pengguna wordpress. Sekarang dibayangkan, apa yang anda lakukan di wp? tambah posting, edit posting, delete posting ? terus apa bedanya dengan di blogspot? ada tidak? Mau di isi apapun, entah mau curhatan, atau apapun itu tergantung yang punya blog. CMS apapun bisa di isi semaunya. Jadi darimana anggapan itu berdasar? Ndak ada kan.

Soal SEO, lagi lagi pasti mengarah ke sini. Memang sulit menjelaskan tentang hal ini karena tidak ada hal secara teknis sebagai dasar penilaian. Bagaimana bisa dinilai sama sama CMS nya saja bisa beda hasil apalagi dengan CMS lain. Kalau SEO sendiri tergantung empunya blog memperlakukan blog tersebut bagaimana. Bagaimanapun Search Engine hanya mengcrawl teks page html nya. Tidak akan membedakan extensi web based, misal php, asp, jsp karena menurutku hasil di sisi client tetap sama saja. Misal

  1. <?php
  2. echo "Hello World";
  3. ?>

  1. <%
  2. Response.Write "Hello World"
  3. %>

Apakah kedua bahasa web programing tersebut akan menghasilkan nilai yang berbeda jika sama sama di runing? tidak kan?

Nah bagaimana sebenarnya kalau ingin ngeblog pilih yang mana Blogspot Atau Wordpress? Menurut saya, kembali lagi ke sisi anda sendiri, lebih nyaman yang mana dan target anda apa?

  1. Kalau target uang kedua duanya bisa jadi sumber uang.
  2. Kalau targetnya cuman untuk orang pemalas dan tidak mau tahu tentang kode silahkan pakai wordpress dengan bejibun plugin.
  3. Kalau mau sedikit bekerja gunakan blogspot karena kebanyakan mencapai target harus manual.
  4. Kalau memang tertantang untuk lebih tahu gunakan keduanya dan digabungkan dengan yang lain.

Kalau ditanya kembali lebih enak mana dari pilihan tersebut, kalau saya pilihan keempat. Untuk pilihan kedua, maaf dari dulu saya memang tidak begitu suka dengan pilihan ke dua. Bagi saya kebangetan banget ketika memilih sebuah platform open source hanya bisa jadi konsumen tanpa mengerti proses didalamnya dan selalu tergantung pada buatan orang lain. Apalagi begitu tergantung pada sebuah plugin.

Pasti nanti ada juga yang mikir, males kalau ketemu dengan kode kode jadi pusing. Kalau yang merasa begini dipastikan belum merasakan enaknya memakai buatan sendiri, sesuai kemauan sendiri. Kalau punya uang rela melepaskan banyak uangnya demi aplikasi yang bisa dibuat beberapa menit :D . Dan yang pasti orang orang seperti ini idenya hanya bisa dipendam atau malah tidak pernah memiliki ide apapun wkwkw



Relasi Blogspot Atau Wordpress

alice YGK

daripada bingung ya udah bikin 2 blog aja satu WP satunya lagi BP ada lagi satu tambahan neh BD, silahkan cari sendiri artinya BD tuh apa ya, ane juga pusing lihat kode di atas tolonnggg....kabur ah xP xD

10/10/12 19:15
Sragen Asri

Jadi nih milih pilihan ke 4 .. Jangan nangis loh yach klo harus coding wkwkw

10/10/12 19:21
Kamtiyono

Kalau saya pengguna keduanya, meski lebih banyak wp mas. Saya juga seeng otak - atik template dan themes wp.

Ngomong2 soal SEO, wp jelas lah lebih unggul. Salah satu yg plg sederhana dan sering saya lakukan adalah mengubah url posting, google suka url yg ringkas menitik berat pada keyword posting.
Juga tentang meta description, bp denger2 tidak bisa ya ngrubah2.

Ngomongin tentang belajarnya, dari google saya mulai kenal css dan markup html, di wp saya banyak blajar soal php, meliat coding2 para master dari themes seperti hybrid yg powerfull seonya.

Hahaha... Ga ada habisnya vahas ini mas. Met sore, maghrib dulu yuh ;-)

14/10/12 18:06
Bowo Ekowidodo Sragen

kalau soal yang sederhana tersebut blogspot sudah bisa mas, cuman harus manual, lagai lagi kembali ke pilihan 3. serba manual.

konsepnya sama saja dengan wp, redirect 301. enaknya di wp bisa langsung / otomatis namun untuk blogspot harus manual dengan postbaru. tinggal post lama di hapus dan urlnya di redirect bagian setting penelusuran :D

soal description bisa kok sekarang untuk blogspot. tinggal aktifin saja di bagian penelusuran. nanti akan ada input deskripsi

itulah enaknya wp, posting amburadul pun bisa di generate jadi seo friendly saya akui itu, tapi kembali lagi jika empunya blog tersebut tahu proses kalau tidak ya nunggu product orang lain dan blogspotpun juga bisa, lagi lagi harus manual. jadi disini seo bukan karena sebuah cms namun empunya blog tahu prosesnya. tapi kalau masih berfikiran seo karena sebuah cms jelas empunya tak mau mencoba dan tak ingin tahi proses.

sama, saya juga belajar dari inet karena memang tidak ada latar pendidikan TI saya wwkwkw.

15/10/12 00:17

[ 4 ] Komentar Blogspot Atau Wordpress

Jangan menaruh live link di kotak komentar.