Panggilan Cewek Jogja Bispak Temon di Yogyakarta

Cewek Jogja, wuh kalau bicara tentang cewek pasti para cowok langsung penasaran. Nah kali ini saya akan sedikit membahas tentang cewek jogja, lebih ke panggilan cewek jogja. Saya sih tidak begitu lama tinggal di Jogja, jadinya memang kurang begitu mengerti tentang sejarah panggilan cewek jogja ini. Akan tetapi saya akan menjelaskannya secara teknis atau lebih ke bahasa prokem, bahasa gaul jogja, jadi dipastikan bahasa prokem ini tidak sesuai dengan kondisi jika di gunakan kepada orang tua.

Mungkin anda ingat sebuah logo kaos khas jogja dengan merk dagadu? nah kalau setahu saya itu berasal juga dari bahasa prokem yogyakarta. Nah jika anda mau berfikir maka anda pasti kepingin tahu hubungan logo dengan tulisannya. Dagadu kalau di artikan dalam bahasa sederhana yang sehari hari kita pakai adalah matamu. Mungkin kalau dalam bahasa Indonesia sih tidak begitu berarti namun kalau bahasa di tempat saya itu adalah pengumpatan terhadap teman atau musuh :)) wkwkw.

Kembali lagi ke cewek panggilan jogja yang memang sangat aneh dengan kata temon. Terus asalnya dari mana? kalau di tanya asal maka saya kembalikan lagi ke bahasa prokem Yogyakarta. Asal kata temon ini dari The Mo Ny kalau di prokemkan menjadi We Do K nah kalau di terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Wanita, cewek, kakak perempuan dan lain lain.

Cewek Jogja Bispak Panggilan Temon di Yogyakarta

Itulah asal mula yang saya tahu tentang panggilan cewek jogja menjadi temon. Akan tetapi di beberapa wilayah, sebutan temon sendiri agak membikin yang mendengarnya agak terkejut. Hal ini karena, arti temon sendiri adalah temuan, jadi di beberapa tempat anak temon itu artinya anak temuan, dan lebih ke anak yang di buang dan di temukan. Jadi penggunaan panggilan cewek jogja dengan temon ini memang bisa dipakai (bispak) gratis namun jangan serta merta di gunakan semaunya, karena kadang akan menyakiti hati orang lain. Gunakan saja untuk teman sebaya dan memang sangat dekat serta tidak mungkin mengakibatkan sakit hati di dirinya.

Untuk yang kepingin belajar bahasa prokem yogya ini maka pelajari saja sebutan untuk bahasa jawa. Atau kalau ada kesempatan akan saya bagikan bagaimana cara membuat kamus prokem yogya ini dalam programing yang saya bisa.

Soal temon ternyata masih pada ndak ngerti kenapa saya menulis temon bukan themon. Kalau melihat tujuan awal menulis artikel ini maka mungkin di antara teman semua yang bergabung ke KBJ akan sedikit menyadari dan paham kenapa penulisan nya tidak themon. Ini masuk dalam target keyword. Orang selain orang jawa mungkin tidak biasa menulis the. Contoh saja kethek. Mungkin pada nulis ketek, gethek nulisnya getek. Ini yang saya maksud. begitu pula themon, kebanyakan nulisnya temon, nah untuk meraih target keyword tersebut, saya juga menulis temon. Kalau tetap saya tulis themon, target tidak tercapai. Dan kenapa harus bertarget dan tidak nulis yang benar saja, jawabnya bergabunglah dengan KBJ dan tanya maksud dari pembuatan artikel ini :) makasih. wis rasah protes meneh masalah temon atau themon, aku yo ngerti kui nama daerah, makane do tonton wae gambar kui tulisane themony wkwkwkwk



Relasi Panggilan Cewek Jogja Bispak Temon di Yogyakarta

boomberita

cewek jogja, muslimah berbudi pekerti baik.

best regard,
adi pradana

3/8/12 11:43
[pendhowo]

maksimal kang, langsung nek nduwur dewe

3/8/12 12:59
ndalemsukacan

nek basa jawa ketoke themon yo kang pengucapane. :D Maxsimal bloggersragen

4/8/12 21:22
Sragen

Iyo asline boso jowo kui themony = themon tapi mergo enakne ilat kan rodo angel ngucapne the dadi sesuai ngejar keyword di tulis temon wae ha3..

5/8/12 01:37
ndalemsukacan

poke maxsimal tenan. wis entuk urutan nomer 2 kie. :D

6/8/12 09:00
dedy

temon ki jeneng daerah neng kulon progo

6/8/12 14:23
Sragen ASRI

Njih mangertos :D ... emang kudune Themeon, tapi niki maen keyword search engine dadi sesuai wong ngucapne leh nulispun tetp temon, nek tak turuti themon malah ra bertarget ;-) ... ngoten mas njih :D

6/8/12 14:28
Quantum Artikel

temon itu bukannya kecamatan di QPR (Qulon PRogo) ya?

salam,

7/8/12 07:09
boomberita

wah wis page one and the first. selamaaat... :p

7/8/12 07:31
akhnurhadi

ho..ho..ho..

poya motig poya hoho..

poye kabare Dab? lotse..lotse yo..

dalat sangi, sahan sahan pisu pisu...

jape methe..

9/8/12 14:47
Jogja Belajar

Mantabs.. SUNDUL SEMUA...:)

9/8/12 19:18
SEMUA KREDIT ADA DISINI

Wah dah banyak yang lupa soal bahasa prokem-nya anak jogja. bahasa gaul ini sempat populer sekitar tahun 1980-an. sekarang apa masih ada yang pakai ya ? hire dab ?

9/10/12 11:06
indo barber

ini ada cew bispak klaten klik aja klatentop.blogspot.com

3/3/13 23:53
indo barber

jangan buka yang belum 18 tahun
klatentop.blogspot.com

3/3/13 23:54

[ 14 ] Komentar Panggilan Cewek Jogja Bispak Temon di Yogyakarta

Jangan menaruh live link di kotak komentar.