Penyebab Blog Lambat Loading

Selasa, Agustus 14, 2012

Penyebab blog lambat loading memang banyak faktor, dan rupanya banyak juga yang kurang mengerti apa penyebabnya. Banyak yang tanya kenapa blog lambat loading namun tidak pernah ingin mencari penyebabnya. Disini kita fokuskan ke blogspot atau blogger. Saya tidak ingin membahas CMS lain, karena jika CMS open source masih lambat loading itu memang kebangetan yang punya blog wkwkwk.

Saya tidak tahu juga ini termasuk SEO on page atau tidak he3. Dari sisi loading sendiri ada 2 hal yang membedakan menurut saya. Yang pertama adalah loading dari sisi crawl dan loading dari sisi browser. Kalau di tanya bedanya, silahkan renungkan sendiri dulu, kalau memang sudah pusing cari maksudnya jikalau memang tidak ketemu, ya sudah jadi PR saja wkwkwk.

Saya disini akan fokus ke sisi browser bukan dari sisi crawl. Jadi silahkan nanti lihat di blog masing masing dan tindakan ngeblog anda selama ini, apakah memang apa yang saya sampaikan ini benar, kalau salah yach maaf saja :D.

Ukuran Page

Kalau bicara tentang ukuran page atau ukuran halaman di pastikan ini adalah dilihat dari sisi source code. banyak yang menyarankan maximal 100 kB, namun kalau saya menyarankan maximal 50 kB. Mengingat koneksi Indonesia yang rata rata masih di bawah 10kBps. Tapi yang perlu di perhatikan, anda mengetes memakai apa? Jika anda memakai layanan online di pastikan ini salah kaprah. Untuk layanan online biasanya hanya untuk loading sisi crawl, bukan loading sisi browser jadi perlu diperhatikan yang ini. Biasanya banyak function yang tidak bisa di jalankan sebuah crawl, misalnya saja animasi script, query, slider dan banyak function, class script yang rumit yang hanya bisa dipahami browser. Bisa dipahamikan belum tentu ukuran halaman kecil loading akan cepat, tapi hanya sebagai salah satu faktor saja. Dan apa saja penyebab ukuran halaman besar.

Client Code

Client code adalah code yang akan di eksekusi di sisi client atau di browser. Contoh saja javascript, vbscript, CSS dan masih banyak yang lain. Disinilah kebanyakan para blogger blogspot melakukan kesalahan. Para blogger biasanya menempatkan semaunya script-script tersebut dan tidak pernah membedakan mana script yang di butuhkan dalam halaman tersebut dan mana yang tidak. Ada juga yang menempatkan Javascript di atas CSS dan kebanyakan mereka tidak tahu.

Jumlah Index Dan Panjangnya Artikel

Banyak yang tidak menyadari jika banyaknya index dan panjangnya artikel akan menambah ukuran halaman. Nah banyak yang tidak menyadari juga kalau readmore otomatis yang memakai javascriptpun juga ikut andil memperberat halaman. Kadang banyak yang mikir, kan sudah di potong? helloooooo , coba baca baca lagi dech ulasan saya tentang kesalahan blogger blogspot. Hal ini di tambah lagi jika menampilkan full post atau post penuh dalam halaman index, seberapa berat nantinya :D. Tapi untunglah blogger secara otomatis memotong jumlah index jika dirasa akan memberatkan halaman. Contoh saja ada sudah mensetting Show Post 7 tetapi yang tampil hanya 3. :D

Image

Kalau ini tidak perlu di jelaskan, pasti sudah tahu. Oleh karena itu, semestinya sebelum di gunakan imagenya di optimasi lebih dulu dengan pemilihan tipe file, ukuran dan compresnya.

Penyebab Blog Lambat Loading Kenapa
Hasil tes loading blog online

Coba anda simak gambar hasil kedua tes loading blog diatas. Ada perbedaannya tidak? terus coba bandingkan dengan membuka homepage blogger sragen ini, ada bedanya tidak? :D coba renungkan wkwkwk.

Drag Image Bukan Upload Image

DHTML memang memudahkan para blogger untuk mengedit dan menulis postingan, tapi ternyata ada juga yang tidak tahu kadang akan mempersulit pengunjung. Pernah saya berkunjung ke blog teman, dan langsung browser Opera saya hank selidik punya selidik memakai source graberku, rupanya ada base 64 encode image. Akhirnya saya tanya ke yang punya blog dan apa yang saya fikirkan ternyata benar, dia bukannya upload image melalui file upload namun hanya mendrag image pada post editor.

Pembacaan Json Berlebihan

Tidak di pungkiri script yang satu inilah yang sering di manfaatkan para blogger untuk menghiasi blognya. Tapi kebanyakan mereka tidak tahu efek yang di timbulkan. Kalau mau melihat efeknya silahkan buka blog blogspot magazine style atau blog yang menggunakan template magazine dengan minim koneksi :D. Kemungkinan ada yang blank dalam blognya atau malah cuman tampil putih saja :D. Kalau mungkin hanya beberapa kategori kemungkinan loading akan cepat, tapi kalau sudah 10 request ke atas maka di pastikan akan menjadi super lelet. Dan jelas, belum SEO friendly katanya :D.

Animasi dan Multimesia

Nah ini nih yang sering di pakai blogger genit. Bagaimana tidak, setiap kali datang di blognya di suguhi goyangan, burung berterbangan, bintang bintang, tanda cinta yang ngikuti mouse, lagu lagu galau yang kadang bukannya membuat enak pengunjung malah membuat risih. Kalau orang orang seperti saya dan pingin membaca blognya rubah saja ke versi mobile :D.

Beberapa kriteria di atas semoga bisa sedikit untuk mengoreksi tindakan anda sama bloganda sendiri. Semoga selanjutnya saya bisa memposting cara optimasi supaya loading blog cepat jikalau blogsaya sudah cepat juga wwkwkwk

Komentar Penyebab Blog Lambat Loading

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 4 komentar untuk update Penyebab Blog Lambat Loading dengan id 6905411855062080997.

Abed Saragih

Iya mas justru katanya CSS yang berlebihan membuat blog lama dibuka dan merupakan salah satu yang tidak disukai oleh visitor.Trins tutornya mas :)

15/10/12 14:50
hamzanwadi

salam kenal sob..
baru nemuin artikel seperti ini..
tolong periksakan saya blog ini sob..
headernya lambat banget..
kira-kira,penyebabnya apa ya..
terimakasih atas balasannya..

23/10/12 22:04
Tokotua Forex

keren banget nih... thanks pak

30/12/12 09:13
cribetween-info

ini dia yang saya cari :)

28/3/13 16:40