Kontes Blogger Makin Tidak Sehat Uneg-uneg 2012

Rabu, Agustus 08, 2012

Dari judulnya saja orang pasti dah mengira ini tentang curhat wkwkwk. Sudah lama tidak mengikuti kontes dan hanya mengamati saja beberapa kontes yang di ikuti beberapa teman di sekitar yang masih menganggap saya teman. Dari sini saya cuman pingin nulis uneg uneg kalaupun ada yang tersinggung, merasa kesindir dan lain lain jadikan saja sebagai suatu kritik dan jika saya salah tolong di ingatkan. Dan disini saya tidak harus menyebutkan kontes blogger mana saja, namun saya merasakan hampir hampir sama.

Kontes blogger sendiri ada beberapa tipe menurut tulisan, SEO, Semi SEO dan Menulis. Dari ketiga itu kita akan bahas satu satu saja. Nah kembali lagi ini hanya uneg uneg seorang newbie yang baru kenal dengan internet dan blogging. Jadi kemungkinan ada beberapa kesalahan pemahaman yang bisa diluruskan sehingga yang tertulis disini belum sepenuhnya benar.

Kontes Blogger SEO

Siapa yang tidak kenal dengan kontes ini, kemungkinan cuman para artis blogging yang menganggap dalam blogging tidak perlu SEO. Gubraaaak, tidak usah membahas ini karena mereka tidak sadar arti SEO menurutku bagaimana. Mereka kebanyakan tahu SEO itu cuman backlink. Kontes SEO sendiri kalau untuk blogger blogger matre ada yang sebagai uji kekuatan, belajar dan mencoba tantangan, cari hadiah ataupun untuk menambah penghasilan.

Kontes SEO ini bukan tanpa masalah, banyak sekali kejadian aneh dimana seorang kawan baik dengan tega mencurangi kawannya. Sepertinya apapun di halalkan demi menjadi pemenang. Contoh saja, banyak sekali di kontes SEO sekarang yang menjadi puncak selalu yang menjadi korban. Di copas, di linkkan ke porn, di inject, di hack kalau bisa :D, Pokoknya segala cara di lakukan untuk menurunkan peringkat dan tulisannya bisa naik menjadi pemuncak. Di tambah lagi setiap ada kontes ini selalu blog blog doffolow jadi sasaran spaming komentar. Semua nama berubah menjadi keyword kontes SEO. Dan jelas akan lebih mengarah ke spam, makanya kadang banyak yang menyindir master seo = master spam wkwkwk.

Juripun dipastikan kuwalahan dalam mendeteksi aksi seperti itu, secanggih apapun toolsnya itu hanya sebuah mesin yang bisa dicurangi. Makanya kelihatan kalau tidak ada laporan kemungkinan syarat SEO yang etis ditiadakan, atau memang dengan sengaja tidak dilihat.

Kontes Semi SEO

Awal awal adanya kontes ini setahu saya sering menjadi masalah bagi para pengejar kontes SEO. Namun akhirnya kontes blogger semi SEO ini mendapat tempat juga di beberapa blogger yang merasa kurang ahli dalam SEO dan kepingin ikut juga berkompetisi. Akan tetapi kembali lagi, saya merasakan ada yang aneh dengan kontes ini walau kemungkinan spaming, copas bisa diminimalisir.

Saya sendiri kadang bingung seperti apa juri menentukan pemenang. Saya sering melihat yang tulisan panjang banget dengan pernak pernik pelengkap tulisan pada blog yang sangat berat jika di akses yang mungkin bagi mereka sangat wah, lengkap tapi tidak merasa kalau tulisan tersebut tidak user friendly bagi sebagian orang yang koneksinya lelet. Di tambah lagi, tulisan panjang saya yakin sedikit yang mau baca, apalagi jika cuman bertele-tele memanjangkan ceria. Makanya tidak salah tow yang bertele tele yang menang

Mungkin alasan tersebut kurang kuat, yang sangat kuatpun mereka juga tidak menyadarinya. Syarat teknis. Beberapa kali saya melihat kontes blogger satu ini melanggar syarat mereka sendiri. Tidak harus menyebutkan siapa dan dimana. Cukup para juri dan panitia kontes melihat kembali acara yang mereka lalukan, kalau memang ada ada yang tersindir kalau tidak ya sudah jadi bukan buat anda.

Saya melihat syarat teknis dari kontes blogger semi seo ini kadang di langgar dan jelas jelas bisa sebagai acuan kebobrokan panitia ataupun juri kontes. Sebut saja word count (jumlah kata), saya melihat syarat misal minimal 800 word bukan char loh. Eh ternyata hanya 400 word saja menang. Harus pasang banner kontes di setiap page blog eh masangnya di artikel malah kadang tidak di pasang, menang. Harus melink web pembuat kontes, eh tanpa link pun bisa menang. Secara jelas syarat-syarat itu ada dan bisa dilihat dengan kasat mata tapi di abaikan begitu saja. Malah banyak yang ngomong yang menang yang kenal jurinya. Benarkah? silahkan bercermin pada kontes yang anda adakan xe3 :D

Kontes Blogger Menulis

Kalau yang satu ini saya tidak bisa ngomong banyak. Karena penilaian jelas sesuai kesenangan juri. Apalagi kalau jurinya seneng narsis di sosmed selalu yang menjadi acuan banyak like, banyak share sosmed, banyak komen, sepertinya menjadi acuan. Kalau saya fikir, seberapa tahankah sebuah tulisan yang cuman di promosikan lewat sosmed tanpa sedikitpun memikirkan SEO. Dan yang lucunya lagi, sama dengan kontes semi SEO, makin banyak link mengarah ke pembuat kontes rata rata yang menang :D , pernahkah anda meneliti yang ini xe3. Kalu menurut saya bukanlah cara yang sehat, namun lebih mengarah mengajarkan ke spaming.

Banyak like, banyak share sosmed memang pas waktu menulis dan promosi banyak yang baca apalagi seorang artis blogger. Komenpun mengalir dengan dashsyat banyaknya tapi lihat setelah seminggu atau sebulan adakah yang menengok tulisan tersebut. Sudah menang dan pasti menurut juri tulisan pasti bagus eh tidak ada yang baca sesudah kontes berakhir ya sama saja boong.

Kalau jurinya seneng jurnalistik, bagiku blogger tak terikat tulisannya, tidak harus ada ikatan bagaimana alur menulis, jelas sangat bertolak belakang dengan para juri, apalagi jika masuk blogger matre :D. Hayooo pada ngaku wkwkwkw

Sebenarnya kalau anda mau meneliti lebih jauh kemungkinan masih banyak celah celah yang kadang kurang sreg dan takutnya akan menjadi budaya. Apalagi sebuah wacana teman jadi unggulan.

Kontes Blogger

Uneg-uneg 2012 Blogger Newbie.

Sejauh kita menjadi blogger mau tidak mau harus berurusan dengan search engine. Kalau anda berfikir tanpa search engine pun bisa, maka rubahlah pikiran anda, jangan berfikir content is king tanpa memikirkan SEO, apalagi jika anda termasuk blogger matre. Cobalah teliti artikel yang anda tulis, terlepas anda sebagai seorang artis blogging, bertahan seberapa lamakah tulisan anda dilihat orang? Pantaskah tulisan yang anda buat dengan berfikir sendiri, dan kepingin share dengan yang lain setelah ngepost di sosmed tidak ada yang melihat?

Kontes kontes terutama semi SEO tidakkah berfikir kembali dengan syarat syarat yang anda berikan. Kenapa anda memberi syarat teknis kalau itu hanya hiasan. Pernahkan anda berfikir membuat term search sebagai report. Berapa kali artikel di buka, berapa jumlah keyword yang masuk? saya sendiri belum pernah menemukan kontes yang mengharuskan memasang report ini. Kan seharusnya bisa dilihat dari report statistik, entah memakai Google analystic atau membuat stat sendiri sesuai kebutuhan.

Semoga kedepannya persaingan tidak sehat di antara blogger menghilang, merasa semua teman dan saling membantu, bukan cuman jadi penyedot ilmu. Mencari ilmu adalah kewajiban, mengamalkan ilmu adalah kebutuhan dan menghargai orang lain adalah keikhlasan. - by Bowo Eko Widodo

Komentar Kontes Blogger Makin Tidak Sehat Uneg-uneg 2012

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 4 komentar untuk update Kontes Blogger Makin Tidak Sehat Uneg-uneg 2012 dengan id 2666108758955127810.

s3ogue

saya suka seo gan, biar bagaimanapun dan apapun yang dikatakan orang saya tetap suka seo, apapun alasanya terserah anda mau menilai saya seperti apa, matre, tantangan, tambahan penghasilan, asalkan #1 FAIR PLAY .

Saya blogger sragen tepatnya sambung macan

8/8/12 21:21
TONGKONANKU

Hehe.. setuju banget, om. Rata2 pemenang kontes menulis di blog, tulisannya panjang2.

24/11/12 23:09
Bimakuru

tulisanmu cukup menohok untuk para pembuat kontes blog om...
ketoknya juga ada kontes blog gitu salah satu pemenangnya mesti kenalan dari salah satu jurinya yo ra ? hahaa...

semoga kontes'e KBJ jauh dari kecurangan yoo (lha wez kenal kabeh tho) :p

18/1/13 15:26
Bowo Ekowidodo Sragen

wkwwk mantab om s3ogue

om feri wkwkw iya, klo itu dah terlihat dari dulu, :v yang seringikut kontes pasti sudah tahu ha3

wkwkwk, karepku yow ben nyolok jew mbah bim, ben kroso, ben ora gawe kesenjangan blogger

18/1/13 16:12