Membuat Program Visual Basic

Membuat program visual basic, wuih judulnya sangat wah menurut saya. Kalau di fikir kembali mungkin visual basic 6.0 sudah usang bagi sebagian programer terutama untuk para programer muda yang telah menginjak ke versi yang selanjutnya semisal visual basic 2010 atau visual basic.net. Saya sendiri memang buka termasuk orang orang yang berpendidikan TI. maka membuat program visual basic sederhana sangat luar biasa bagi saya. Dan saya sendiripun untuk membuat aplikasi visual basic 2010 belum pernah melakukannya.

Langkah-langkah membuat program visual basic sebenarnya bisa kita atur sendiri sesuai kebutuhan kita yang penting kita tahu dasar dasar pemrograman visual basic dan tahu akan membuat apa. Belajar membuat program visual basic bukanlah hal yang sulit namun haruslah sabar. Saya sendiri yang memang belajar dari membaca, mencoba dan mencari ide sangat sangat menyukainya hingga beberapa program visual basic sederhana pernah di buat.

Cara membuat aplikasi visual basic tidaklah sesulit yang di bayangkan. Kadang orang takut sebelum mencoba dan dengan cepat mengatakan pusing mas, bingung mas, ach ndak mudeng mas dan itu cuman di bayangkan. latihan membuat program visual basic sebenarnya hanya menginstall visual basic, membukannya dan menaruh beberapa control seperti text box, combo box, list box dll sesuai dengan kebutuhan.

Nah sebenarnya apa sih yang sulit dalam membuat program visual basic 6? kalau menurut saya adalah ide dan kemauan. contoh membuat program visual basic sederhana adalah memuncul dan menghilangkan sebuah control. Misalnya saja lihat source berikut

  1. Private Sub Command1_Click()
  2. Command1.Visible = False
  3. Command2.Visible = True
  4. End Sub
  1. Private Sub Command2_Click()
  2. Command1.Visible = True
  3. Command2.Visible = False
  4. End Sub
Membuat Program Visual Basic

Kalu di lihat source code visual basic ini sangat sederhana. Dari contoh membuat program visual basic sederhana tersebut sebenarnya bisa dikembangkan lagi menjadi aplikasi yang bisa membantu kita ataupun membuat jahil teman kita. Misalkan dari code tutorial membuat aplikasi visual basic di atas. Kita bisa membuat formnya selalu on top terus untuk tombol closenya kita buat visibe false jadinya aplikasi tidak bisa di matikan :D, belum lagi kalau di tambah sembunyikan dari task manager semakin jahilnya kita. Jadsi membuat program visual basic sederhana belum tentu hasilnya sederhana bagi orang lain wkwkwk.



Relasi Membuat Program Visual Basic

[ 0 ] Komentar Membuat Program Visual Basic

Jangan menaruh live link di kotak komentar.