Pengertian ALU

Pengertian ALU adalah Arithmetic Logical Unit yaitu bagian (komponen) pada CPU yang berfungsi buat mengolah data secara logika dan jua mengolah data-data yang membutuhkan perhitungan, yakni dengan memanipulasi informasi serta mengevaluasi hasilnya. ALU inilah yang melaksanakan operasi-operasi misalnya penambahan, pengrungan, serta perkalian integer, operasi bit seperti and, or, not, xor, dan operasi Boolean lainnya. ALU terdiri atas device-device memori kecil yang disebut register. Selama pemrosesan data berlangsung, register-register tersebut dipakai buat menyimpan informasi.

Labih jelasnya, bisa dikatakan bahwa ALU adalah unit pusat pemrosesan (central processing unit) serta tugas utama ALU adalah melaksanakan segenap perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi disesuaikan dengan instruksi program. ALU melaksanakan semua operasi aritmatika dengan dasar pejumlahan hingga sirkuit elektronik yang dimanfaatkan disebut adder.

Tugas ALU lainnya yaitu melaksanakan keputusan dari suaru operasi logika disesuaikan dengan instruksi program. Operasi logika mencakup perbandingan dua operand dengan memanfaatkan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan, kurang dari ( <), kurang ataupun sama dengan, lebih besar dari (> ), dan lebih besar ataupun sama dengan. Sirkuit elektronik untuk melaksanakan operasi logika seperti ini disebut comparator.

Pengertian ALU

ALU (Arithmetic and Logic Unit) adalah bagian pengolah bilangan dari komputer. Pada operasi aritmatika tersebut sendiri terdiri atas berbagai macam operasi diantaranya yaitu operasi penjumlahan, pembagian, perkalian, serta pengurangan. Mendesain ALU pun memiliki cara yang parak sama dengan mendesain dekoder, enkoder, multiplex, serta demultiplex.



Relasi Pengertian ALU

[ 0 ] Komentar Pengertian ALU

Jangan menaruh live link di kotak komentar.