Review Nokia Lumia 800 Indonesia

Review Nokia Lumia 800 Indonesia
Nokia Lumia 800

Nokia Lumia 800 sudah resmi di rilis di Indonesia tepatnya di Atrium Senayan City Jakarta pada bulan kemarin. Banyak sekali yang sudah membicarakan ini. Bagaimana tidak, Nokia Lumia 800 merupakan salah satu smartphone buatan Nokia pertama yang memakai sistem operasi Windows Phone 7.5 Mango selain Lumia 710. Kalau bisa di bilang ini adalah awal kerjasama Nokia dan Microsoft untuk menciptakan gadget gadget terbaik.

Disini kita akan membahas sedikit tentang Nokia Lumia 800 sesuai kebutuhan dibandingkan dengan spesifikasi yang dia punya. Jujur, saya orangnya tidak pilih pilih dalam menggunakan gadget tapi yang menjadi wajib adalah gadget tersebut dapat memenuhi keinginan saya. Saya bukan ciri orang yang suka bergaya, namun lebih suka memaksimalkan gadget yang saya punya.

Yang paling pertama saat saya ingin mempunyai gadget adalah koneksi internet. Ini kayaknya sudah menjadi candu buat saya xi3 bagaimana tidak, rata rata 20 jam sehari saya habiskan untuk berselancar di Internet. Mencari informasi, ngeblog, dan juga bercanda dengan teman teman yang jauh melalui sosial media serta download sesuatu. Bisa di bilang saya membutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika dilihat, spesifikasi Nokia Lumia 800 dalam support jaringan sudah sangat mencukupi, apa lagi jika melihat sudah support HSDPA 14. 4 Mbps serta HSUPA 5. 76 Mbps, dapat dipastikan, jika kita mendapat koneksi yang benar benar bagus dari operator telekomunikasi yang kita pakai maka internetan serasa membuka file lokal, pasti wuz wuz wuz :D. Bukan sampai disitu saja ternyata, Nokia Lumia 800 ini juga dimasukan Internet Explorer 9 yang sudah kompatibel dengan HTML 5. Ini nih yang saya cari, soalnya baru baru ini lagi kepingin kembali membangun blog versi mobile menggunakan HTML5 biar loading lebih cepat, kendalanya untuk gadget mobile masih jarang yang support HTML 5 dan Nokia Lumia 800 menjawabnya.

Fitur Nokia Lumia 800 yang lain dalam berinternetan adalah kemudahan dalam setting aplikasi jaringan sosial. Dimana kita dengan mudahnya memilih akun dalam aplikasi tersebut dan asiknya bisa langsung tampil di layar depan. Jadi tidak usah lagi membuka menu menggeser geser dan mencari shortcut aplikasi jejaring sosial tersebut. Contoh jaring sosial yang disediakan seperti Twitter, Facebook, Windows Live, LinkedIn dan yang paling penting adalah E-Mail.

Wi-Fi yang sudah di sematkan dalam smartphone ini sangat membantu kita ketika berada di jaringan Hot Spot, kita bisa download semaunya sesuai koneksi yang diberikan di tempat tersebut. Namun ada sayangnya, menurut info yang saya dapat, Nokia Lumia 800 belum bisa tethering. Semoga ini salah.

Selanjutnya yang harus ada dalam gadget adalah musik. Tidak di pungkiri fitur inilah yang dalam kesehariannya menemani di saat galau :)). Kan enak berinternetan sambil dengerin musik. Kita lihat lagi apa yang ada di Lumia 800 ini. Bisa dibilang untuk codec dalam memainkan file musik sudah layak untuk dinikmati seperti MP3. Dan yang paling saya suka walaupun fitur ini jarang orang meliriknya adalah Radio FM Stereo support RDS. Kalau anda senang mendengarkan radio dan pemancar radio dilegkapi pula dengan RDS transmitter maka kita dengan mudah mendapatkan info misalnya, judul lagu, lirik ataupun data teks lain yang tampil di aplikasi radio yang kita pakai.

Nokia Lumia 800 ini menghadirkan full display maksudnya tampil hanya dengan menu seperlunya di bawah layar dan sebagian besar di tempati layar. Tapi jangan takut dengan adanya gorilla glass maka akan membantu untuk mengurangi gores, tapi kalupun takut bisa juga di pasangi screen guard. Ukuran layarnya sendiri lebar juga yaitu 480 x 800 pixel dan berlayar sentuh penuh. Yang jarang ditemuai di ponsel lain, untuk layar Nokia Lumia 800 ini mempunyai kemampuannya untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis.

Kamera Nokia Lumia 800 mempunyai kekuatan 8 MP mencapai 3264x2448 pixel serta tangkapan video 720p mencapai 30fps. Bisa di bayangkan bagaimana hasilnya, kalau hasil image bisa dipastikan warna yang dihasilkan pasti akan sangat tajam dan tampak seperti nyata. Jika video jelas akan nampak jernih tanpa nois. Lihat saja kualitas video HD atau kalau tidak kualitas video DVD. Kemampuan ini pun akan menjadi sia sia jika tidak di dukung dengan media penyimpanan yang besar. Nah, dalam Nokia Lumia 800 ini telah ada memori internal 16 GB dan saya rasa sudah cukup. Namun bila masih kurang sepertinya Nokia Lumia 800 ini tak di lengkapi slot memori External.

Untuk yang sering jalan jalan maka Nokia Lumia 800 ini merupakan teman yang bisa di andalkan. Dengan adanya a-GPS maka dengan mudah kita menentukan posisi dimana dan harus menuju kemana. Proses lock GPS sepertinya juga cepat dan yang bikin asik adalah adanya suara navigator. Pasti jika anda pernah menggunakan navigasi GPS bersuara pasti sudah paham dengan maksudnya namun bila anda belum pernah memakainya maksudnya begini. Sebagai contoh saja jika 300 meter lagi akan belok kiri maka tiba tiba ada suara dari ponsel ini berbunyi 300 meter lagi belok kiri. Bagaimana asik tidak? he3. Untuk fitur ini Nokia Lumia 800 mengusung Peta Ovi atau Nokia Maps.

Yang menjadi masalah ketika menggunakan smartphone adalah mengenai baterai. Banyak yang mengeluh borosnya penggunaan baterai sama seperti saya jika memakai smartphone. Nokia sendiri menawarkan baterai Li-Ion 1450 mAh yang katanya bisa bertahan mencapai 13 jam jika bekerja pada jaringan 2G dan 9 jam pada jaringan 3G. Tapi tetap harus disesuaikan dengan pemakaian. Namun bila mempermasalahkan terlalu boros dan jadi tolak ukur untuk tidak menggunakan smartphone menurut saya adalah pilihan yang salah. Masih ada cara untuk tetap asik menggunakan smartphone walau boros baterai kan masih ada power bank, dan sekarang harganya sudah terjangkau.

Untuk dukungan aplikasi sebenarnya tidak usah kita bahas, karena jelas kita bisa memasukan aplikasi semaunya dari Windows Marketplace, jadi akan lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Untuk Nokia Lumia 800 sendiri pun sudah dimasukan Office 365 yang meliputi Word, Excel dan Powerpoint. Juga ada akses cloud, SkyDrive yang bisa menjadi media penyimpanan online yang bisa di akses di mana saja asal ada jaringan internet. Dan ini bisa menjadi pilihan lain ketika memori internal penuh.

Dengan adanya sedikit hal yang saya ungkapkan tentang Nokia Lumia 800 dengan tanpa mengesampingkan fitur yang belum terpenuhi maka smartphone ini wajib anda lirik. Saya sangat tertarik memiliki smartphone ini, selain saya kepingin mencoba oprek ponsel ini, juga tertarik untuk membuat aplikasinya :D. Bagaimana dangan anda?



Relasi Review Nokia Lumia 800 Indonesia

Gaptek

Saya juga ingin punya ini,,

sayangnya Muahaaalll,,,,

30/3/12 13:32
Berita Teknologi

wuh review nya mantep ...
ihihihi ... jadi agen rahasia nih :-P

30/3/12 13:56
simpleaja

saya ga pengen deh ponsel ini, yang saya inginkan saya punya pacar ,... baru punya ponsel ini #_#

1/4/12 10:50
Sragen ASRI

Ha3,, Bukan mahal om beneran, klo dilihat dari spesifikasinya.. klo mahal itu yang cuman jualan massanger saja wkwkwkwk

Ha3... kalau saya yang review pasti mantab mbah, ndak ada yang di lebihkan dan di kurangi ataupun menjelekkan, pokoknya jujur saja

wkwwkwkwk bener bener ngakak aku n kesindir hadeeeeeh.. bukane akeh om no semarang :))

3/5/12 12:01
Anonymous
Anonymous

Tampilan kelihatannya sangat bagus, dengan OS windows kayaknya ingin berjuang bersaing dengan OS lain. Saya kepingin juga memiliki ponsel ini :D

7/5/12 11:31
addyn

pengin beli

7/5/12 19:48
Anonymous
Anonymous

pen beli jua ih,, keknya keren,,, berapaan sih???

9/5/12 20:22
Jovita

terima Kasih atas info na gan

10/5/12 04:47
Muhammad Mufid

kereen windows phone.e om..

10/5/12 08:54
loveheaven07

pingin beli belom punya duit owh..

10/5/12 19:48
Anonymous
Anonymous

Bagus benar hpnya.. Moga bisa beli..

11/5/12 19:38
Anonymous
Anonymous

SP,,,
Baru terfikir untuk memiliki yang baru setelah mengenal dia,,,,,:D

11/5/12 23:23

[ 12 ] Komentar Review Nokia Lumia 800 Indonesia

Jangan menaruh live link di kotak komentar.