Kekurangan Threaded Comments Blogger

Kelebihan Threaded Comments Blogger
Threaded Comments Blogger

Saya belum menemukan kelebihan lain dari threaded comments seperti yang pernah dibahas sebelumnya mungkin karena saya belum memakainya di blog. Tapi saya sendiri sudah mencobanya di blog orang lain dan sudah pernah melihatnya. Nah kali ini saya akan sedikit mengulas tentang kekurangan threaded comments.

Kemunculan threaded comments memang membawa dampak baik bagi sebagian pengguna blogger. Namun bagi saya hal tersebut malah menantang untuk melihat jeroannya bagaimana. Inilah sifat orang yang suka coding dan suka dengan blogger karena banyak tantangan wkwkwk. Munculnya threaded comments membuat saya mengoprek kembali template dan melihat apa yang berubah dari komentar lama menjadi threaded comments.

Sebelum menginjak tentang kekurangan threaded comments maka sebaiknya membaca kembali tentang kesalahan blogger di blogspot yang pernah saya bahas. Namun kalau sudah paham ya kita lanjutkan saja.

  1. <div class='comments-content'>
  2. <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
  3. <b:include data='post' name='threaded_comment_js'/>
  4. </b:if>
  5. <div id='comment-holder'><data:post.commentHtml/></div>
  6. </div>

Kode tersebut saya ambil dari function threaded_comments disini

  1. <b:includable id='threaded_comments' var='post'>

Terus apa yang salah? Emang tidak ada yang salah. Saya hanya ingin membuka sedikit kode biar yang melek dan melihat kode semakin pusing akhirnya mengiyakan saja tulisan saya wkwkwkwk, bercanda namun kalau mau di buat seriaus keterlaluan hakz hakz hakz. Oke lanjut. Kita lihat pada pemanggilan fungsi threaded_comment_js di line 3. Secara default dan biasanya memang kebanyakan menggunakan fungsi ini.

Javascript Threaded Comments

Tidak bisa di pungkiri kalau threaded comments memakai javascript dalam aksinya. Ini yang menjadi salah satu alasan saya belum menggunakan threaded comments. Kita lihat saja kode pada function threaded_comment_js yang di panggil oleh aksi sebelumnya. Lihat kode pada function threaded_comment_js ini. Maaf saya tidak menyertakan kodenya arena terlalu panjang. Lihat sendiri di

  1. <b:includable id='threaded_comment_js' var='post'>

Setelah melihatnya dan anda bandingkan dengan apa yang saya tulis pada kesalahan blogger di blogspt mungkin sudah ada yang bisa menerkanya. Jelas dengan fitur ini akan menambah berat halaman. Soal kenapa saya belum suka dengan berat halaman akan saya bahas di artikel selanjutnya saja. Semakin berat halama menurut saya semakin merugikan kita.

  1. <script async='async' expr:src='data:post.commentSrc' type='text/javascript'/>

Saya jika melihat code yang satu ini rasanya bikin pusing kepala ha3. Kalau di tanya tentang kehebatan kode tersebut bisa anda analisa sendiri dach. Bagaimana kode 1 line di template bisa berkembang menjadi 2816 line. Tapi untunglah ini hanya include dari file lain jadi hanya akan memberatkan sekali saja pada browser pengunjung blog jikalau cache browser di aktifkan. Kalau tidak ya include terus :))

  1. var items = <data:post.commentJso/>;
  2. var msgs = <data:post.commentMsgs/>;
  3. var config = <data:post.commentConfig/>;

Anda melihat ada yang istimewa tidak dari 3 line kode di atas? Jika tidak, coba pelajari lagi dan telusuri lagi apa yang dihasilkan dari variable tersebut. Yang menjadi perhatian saya andalah hasil dari pemanggilan fungsi

<data:post.commentJso/>

Sedikit gambaran dari saya tentang kode tersebut. Itu adalah kode untuk pemanggilan data posting komentar dan kemudian di jadikan data struktur json. jadi bisa di bayangkan jika dalam halaman anda komentarnya lebih dari 100 dan yang komentar panjang panjang. Bagaimana load blog anda? Ndak usah di bayanging kalau saya langsung tak stop jikalau menemui blog kayak gini, penyesuaian koneksi lah, kalau koneksi kenceng sih ndak masalah. Untuk kode line selanjutnya kayaknya tidak masalah hanya sedikit kode saja tidak telalu panjang seperti line 1

Sudah pusing belum? atau malah ndak mudeng sama sekali wkwkwk. Saya saja juga bingung mau nerangin gimana xe3. Lanjut lagi saja biar tambah bingung.

Data Threaded Comments

  1. <div id='comment-holder'><data:post.commentHtml/></div>

Kalau dilihat sepintas dan hasilnya memang tidak ada yang salah dengan kode ini. Tapi untuk kita kita yang sering mencoba sesuatu atau kalau bisa dibilang orang kurang kerjaan yang berani memusingkan diri sendiri hanya untuk kepuasan ha3. Lha bagaimana tidak sesuatu yang sudah ada tinggal makai ko masih di ributin. Nah dari pernyataan tersebut jugalah awal mulanya saya memberikan nilai PEMALAS bagi pengguna wp yang sering banggain plugin. Memuja plugin tapi tidak tahu prosesnya sama seperti blogger lain yang bisanya minta instant code kalau disuruh belajar dulu malah "MISUH MISUH".

Lanjut lagi, ke masalah data komentar tersebut. Tidak ada yang salah dengan kode kenapa harus di bahas :D. Coba kita lihat lagi dengan hasil yang di dapatkan dari kode tersebut. Kalau saya lihat akan ada beberapa hal yang membuat saya masih belum memakai threaded comments. Jawabannya hanya satu yaitu belum bisa di custom / oprek. Bagaimana mau mengoprek hasil kode ini kalau generate kodenya otomatis tidak ada template sedikitpun. Beberapa alasan yang masih belum bisa memakai threaded comments.

Link Author Kometar Nofollow

Banyak blogger yang beraliran dofollow mengeluh tentang hal ini. Dilema dalam memilih tampilan, jika memilih threaded comments jelas komentar blog jadi nofollow akan tetapi jika memilih komentar lama mereka kepingin juga memiliki tampilan seperti threaded comments. Lalu cara yang dilakukan adalah dengan mengakali pada post body untuk memasukan IdComment. Malah tambah ribet. dan pastinya harus masang javascript yang panjang codenya. Malah saya pernah lihat dan membaca codenya di encrypt jadi malah tambah panjang dan bikin berat pastinya.

Boros Tag HTML.

Lagi lagi soal borosnya tag HTML yang di pakai. Kadang ini tidak di fikirkan banyak orang. Biasanya menganggap tidak banyak pengaruhnya. Tapi menurut saya banyak pengaruh apalagi jika sudah dihubungankan dengan SEO. Kalau pakar SEO mengatakan tidak banyak pengaruh tapi menurut saya yang memang malas nyari backlink, malas jalan jalan SEO On Page adalah andalan utama. Jadi struktur harus sangat saya perhatikan.

Link Function Replay atau Balas kadang error.

Ketidaktahuan para pengguna blogger yang menggunakan threaded comments adalah penggunaan javascript dalam pemanggilan function untuk membuat object. Contohnya adalah Replay atau Balas. Ternyata banyak yang bermasalah dengan link ini yaiu iframe untuk meload halaman form tidak bisa muncul. Saya rasa ini terjadi untuk template yang custom, yang telah memasukan banyak javascript. Diindikasikan adanya dobel function sehingga terjadi error.

Rich Snippet Komentar UserComments

Saya lihat untuk threaded comments belum menerapkan Rich Snippet. Walau mungkin banyak yang menganggap kurang penting kalau saya yang senang dengan mencoba jelas threaded comments seperti penjara wkwkwk. Disini saya belum bisa mengoprek ( ingin menulis utak atik ke inget ada yang cemburu dulu :)) ) data komentar. Jadi di pending saja memakai threaded comments.

Alasan demi alasan di atas itu hanya alasan :)). Jadi tinggal anda memikirkan sudah perlukah anda menggunakan threaded comments. Kalau memang sudah dan kepingin memakai silahkan.



Relasi Kekurangan Threaded Comments Blogger

Gaptek

hmmmmm... kemarin asal pakai saja saya,, xixiix MAkasih om pencerahannya dan udah buat melek liat koding2


oh iya gimn caranya ya biar mau balas komen itu gak perlu nge load seluruh halaman. Karena setiap mau reply komen satu2 ngeload terus satu halaman, jadi boros kuota internet,, he

9/3/12 07:34
Sragen ASRI

ha3.. wah kayakya memang lagi menikmati masa libur :))


Kayaknya ndak bisa om.. soalnya itu yang bekerja di script blogger.com. tapi kayaknya bisa di akali dengan load langsung jadi pop up. :D

9/3/12 07:51
addyn

masih pusing masalah coding hm mendingan posting ajah wkakwkakak

harus berguru sama master neh om bowo

9/3/12 08:21
Gaptek

wahhh sayang sekali,,

Kalau jadi pop op,, ntar malah jadi males orang komennya klak klik segala,,,xixixi

9/3/12 14:25
Prediksi Skor Pertandingan Portugal VS Ceko Euro 2012

wowwwww saya bljr koding blm sejauh ini mas. dewa lu mas hehehehe. mesti bookmark dlu nih,thx ud share :)

21/6/12 12:43
aa Solah

Yuupp memang ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.. :)

11/8/12 04:33
Virmansyah

mbah ngopy coding mu mbah, pusing lihat code comment >.<

5/1/13 00:51
Bowo Ekowidodo Sragen

Code opo wkwkwk

5/1/13 00:56
hienzo

bener banget bro, kalo pake thread comment malah tambah berat loading blognya.
soalnya ada salah satu artikel di blog saya, yang komen-nya 200 lebih. & sehingga bisa terbuka halaman-nya, membutuhkan waktu 40 detik :D

27/2/13 19:25

[ 9 ] Komentar Kekurangan Threaded Comments Blogger

Jangan menaruh live link di kotak komentar.