Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia
Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Konten lokal untuk sekarang sepertinya semakin berkembang. Kalau kemarin sempat konten lokal tenggelam karena ulah jahil para blogger matre dengan AGC nya. Namun sekarang sepertinya dengan adanya update alogaritma google sudah teratasi masalah sampah konten lokal Indonesia tersebut.

Perkembangan ini tidak lepas dari adanya pengakuan advertiser lokal pada blogger blogger Indonesia. Saya lihat sebelum ada gerak dari beberapa advertiser lokal melalui beberapa broker iklan seperti IDblognetwork, Adstar, KlikSaya, Kumpulblogger para blogger masih asik bermain di konten luar karena mengejar advertiser luar seperti yang tergabung adsense, infolinks, adhitz. Memang sih tidak semua menjadi blogger matre, tapi tetap yang meramaikan dunia blogging Indonesia masih di dominasi oleh blogger matre.

Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak akses yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, kebutuhan akan konten lokal Indonesia semakin meningkat. Saya sendiri menyadari dan melihat ternyata pengunjung dan blogger sendiri pada malas untuk belajar apalagi kalau harus membaca konten luar negeri. Maka saatnya kita sebagai blogger mendukung dan meningkatkan konten lokal Indonesia walau kadang harus menyadur konten luar.

Saya termasuk orang yang senang dengan coding. Karena dengan beginilah kadang saya menuangkan ide dan uneg uneg, entah untuk tampil beda atau untuk mempermudah diri sendiri dalam pekerjaan. Memulai coding kemungkinan sekitar tahun 2003, sharingpun bukan di lokal namun di luar karena respon ternyata lebih baik mereka di banding warga Indonesia sendiri. Saya yakin teman teman dulu yang seangkatan juga merasakan hal ini. Walau memang sekarang sudah berkembang tapi kelihatannya memang belum kelihatan gregetnya untuk coding ria.

Kalau tidak percaya, sebagai contoh yang nyata. Blogger lebih senang di berikan cara yang detail dari pada cara untuk belajar. Dengan alasan, mumetlah, tidak mudeng dan lain lain. Dan itupun sudah di berikan link untuk di pelajari. Desaign Magazine non magazine, lagi lagi ini menjadi masalah ramai, dan sok pinter. Kalau kita punya ide dan tahu metode position CSS pasti ngerti bagaimana cara kerja blog magazine. Lha cuman client side kok sombong. Pakai browser text, atau di matikan stylenya ilang dech magazine nya apalagi yang senang menghiden demi mengejar blog magazine :p. Tapi kalau server side silahkan sedikit sombong mungkin banyak yang manyanjung. (Mikir AGC :p ). Nah yang saya maksud tidak lain adalah di negeri kita ini konten lokal sangat minim tentang programing. Setiap saya mencari referensi selalu di bawa ke konten luar. Jarang sekali saya menemukan referensi programing di konten lokal.

Andai saja setiap orang punya ego lebih senang memakai karya sendiri mungkin programing di Indonesia semakin berkembang. Kelihatannya masih banyak orang yang berfikir aplikasi buatan negeri sendiri pasti lebih jelek di banding aplikasi orang luar sana. Lihat saja tentang penjualan aplikasi. Kalau aplikasi luar dengan harga $179 pun di beli namun kalau aplikasi dalam negeri pengennya gratis atau semurah mungkin. Sangat mengenaskan memang. Itulah kenapa banyak teman teman yang menyamarkan aplikasi buatannya seperti aplikasi buatan luar negeri. Oleh karena itulah, mari mulai sekarang lebih menghargai mereka :D. Capek loh coding dari pagi sampai pagi :D. Tapi yang di dapat cemoohan atau ketidak percayaan ini viruslah, error lah :p

Saya sendiri sebenarnya tidak begitu mikirin tentang kata mereka, tapi kadang jadi panas juga ketika aplikasi yang saya kasih gratis di cemooh dan di katakan virus karena ukurannya terlalu kecil nah ke esokan harinya ada yang jual aplikasi mirip dengan harga $10 banyak yang ngantri pengen beli wkwkwk. Ndak tahu itu kebodohan mereka atau ketidak percayaan mereka pada aplikasi buatan negri sendiri. Dan inipun bukan sekali saja.

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Sebenarnya sudah banyak sekali aplikasi buatan dalam negri. Kalau dilihat karya teman teman para programer lokal tidak mungkin saya sebutkan satu satu. Pokoknya cari saja pasti masih ada yang menyamar seperti buatan luar negeri :D. Kalau buatan saya seperti aplikasi untuk menghilangkan error 404 di webmaster tools google, sitemap generator blogspot, RSS submiter, ping blog, RSS Reader, Sosial bookmark submitter spesial komunitas blogger jogja, dan juga beberapa aplikasi yang disimpan seperti artikel editor, sosial bookmark submitter, dan masih banyak yang lain.

Kadang kita tidak mau belajar, kita hanya menginginkan yang instan tinggal pakai, nah saat ada masalah sedikit saja kita sudah kebingungan. Inilah ciri blogger pemalas yang tak mau mencoba. Entah apa yang di fikiran mereka? Walau bagaimanapun kalau cara berfikir orang warga lokal seperti ini maka saya yakin sampai kapanpun konten lokal terutama tentang programing tidak berkembang. Akan tetapi konten lokal yang berbau melow, puisi, ramalan, kata kata romantis, dan lain lain akan berkembang subur. Kalau soal implementasi konten lokal Indonesia tentang programing sudah sangat banyak namun warga lokal kebanyakan hanya sebagai konsumen saja :D. kalau ini tidak perlu di buktikanlah, paling sudah pada tahu sendiri contohnya :D.

Sebenarnya manfaat konten lokal buatan Indonesia kalau difikirkan sangat banyak. Selain membangun kepercayaan para advertiser juga lebih bisa mengurangi konsumsi konten luar, dari situ ide ide untuk meningkatkan kualitas konten pasti juga akan semakin membaik dengan banyaknya kebutuhan dari negeri sendiri. Semakin banyak orang membutuhkan dan lebih menghargai konten dalam negeri maka semakin banyak pula pengembangnya. Nah disinilah peran kita sebagai blogger jangan enggan berbagi dan berusahalah tidak memberikan sedetail mungkin hal ini untuk mengjari mereka selalu berfikir dan bukan hanya copas semata agar mereka mengerti bukan hanya menerima.



Relasi Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Gaptek

Konten Lokal is the best :)

oh iya,,, kumpulin donk om link aplikasi2 yg udah dibuat,, biar aku sedot semua ,, he

10/1/12 17:09
wahyu winoto

Hehehe...
kesindir sm statemenmu kang yg "Pokoknya cari saja pasti masih ada yang menyamar seperti buatan luar negeri :D.".

btw, good luck kakang...

22/1/12 17:05
file education

mantaf kang.... berkarya

4/2/12 16:47

[ 3 ] Komentar Manfaat Konten Lokal Buatan Indonesia

Jangan menaruh live link di kotak komentar.