Cara Mempercepat Akses Blog

Cara Mempercepat Akses Blog
Cara Mempercepat Akses Blog

Cara mempercepat akses blog di blogger yang biasanya dengan sub domain blogspot.com kadang di perlukan. Koneksi internet yang minim serta ditambah sering DC membuat kita harus melakukan hal ini. Memang banyak cara yang bisa digunakan untuk mempercepat akses blog namun Blogger Sragen disini akan memberikan beberapa tips sederhana.

Ada beberapa kemungkinan sebuah blog jika diakses sangat lama dan terasa sangat berat. Bisa karena teralu banyak load object, struktur yang amburadul, tag html yang boros, aksi javascript yang begitu banyak, dan yang biasanya adalah koneksi yang jelek. Namun walau dengan koneksi yang jelek belum tentu kita tidak dapat mengakses apapun. Makanya tips ini di perlukan.

Sebenarnya yang perlu kita lakukan tidaklah begitu rumit, namun kadang orang mempersulitnya. Beberapa tips dari saya berikut semoga bisa mambantu anda mendapatkan artikel tanpa harus menunggu lama. Seperti yang saya singgung di atas bahwa yang membuat lambat adalah terlalu banyak javascript. Untuk itu kita bisa melakukan blocking ataupun mematikannya.

Untuk mempermudah sebenaranya ada tools adblock. Gunakan tools ini untuk blocking terhadap iklan. Nah kitapun bisa menambahkannya juga. namun disini bukan adblock tersebut yang saya bahas tetapi Blocked Content yang terdapat di Opera. Maaf untuk browser lain, karena saya lebih banyak menggunakan Opera.

Cara Membuka Form Blocked Content di Opera

  1. Buka Opera
  2. Menuju Menu ==> Settings ==> Preferences atau klik tombol CTRL + F12
  3. Menuju tab menu advanced ==> Content
  4. Klik button Blocked Content

Nah disinilah kita akan bermain Pattern. Sebagai contoh, kita lihat banyak blog yang menggunakan JQuery, nah disini saya ingin mengeblock JQuery tersebut. Yang kita dapatkan adalah, jika memang terblock jelas akses blog lebih cepat namun kadang tidak tampil maksimal. Tapi biarin saja yang kita pentingkan artikelnya.

Misal alamat JQuery adalah sebagai berikut http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.6/jquery.min.js

Kita sebenarnya bisa buat banyak pattern dari url tersebut misalnya

http://ajax.googleapis.com* ini menandakan kita akan mengeblock semua yang berasal dari http://ajax.googleapis.com
*/jquery/* segala yang menggunakan url /jquery/ akan di block

Silahkan bermain main dengan Pattern tersebut. Langkah selanjutnya yang tidak di sarankan akan tetapi memang kalau terpaksa dilakukan adalah dngan mematikan javascript. Caranya sama seperti cara membuka form blocked content hanya saja kita tidak usah mengklik button Blocked Content namun klik pilihan Enable javascript menjadi tidak tercentang.

Untuk mengembalikan setingan diatas, untuk Blocked Content tinggal hapus ataupun sisipin karakter unik dalam pattern, dan untuk menghidupkan javascriptnya bisa dengan cek kembali pilihan enable javascript.

Cara Mempercepat Akses Blogspot

Tips Mempercepat Akses Blog yang saya sampaikan diatas berguna untuk semua blog atau website. nah untuk tips selanjutnya ini untuk blogger atau blogspot saja. Untuk bisa akses blog cepat di blogspot adalah dengan cara mengubahnya ke format mobile. Dan semoga pemilik blogspot tersbut belum mngubah templatenya. Cara untuk mengubah blogspot menjadi blog mobile cukup dengan menambahkan ?m=1 dibelakang url blog tersebut. Misalnya saya ingin membuka

http://www.bloggersragen.com/
dalam versi mobile, maka url untuk membukanya menjadi
http://www.bloggersragen.com/?m=1



Relasi Cara Mempercepat Akses Blog

boygirlband

keren gan triknya

19/12/11 09:14
admin

jos... triknya

19/12/11 14:03
Anonymous
Anonymous

mantap Om keren

19/12/11 21:54
ciungtips

hmm apa hubunganya ya block ini dengan screenshot mobile view blogspot ckckckk

20/12/11 20:12
Gaptek

Kalau aku duluu waktu kuota Muahaaal,, Aku malah browsing make opera ini imagenya gak aku munculin sekalian wkwkwk

10/2/12 17:09

[ 5 ] Komentar Cara Mempercepat Akses Blog

Jangan menaruh live link di kotak komentar.