Cara Mencari Backlink

Rabu, November 09, 2011

Cara mencari backlink bagi para blogger kemungkinan adalah hal yang sudah biasa, dan sebagian besar pasti sudah mengerti bagaimana mencarinya. Sebenarnya dalam beberapa artikel sebelumnya saya pernah juga membahas hal ini. Entah mendapatkan backlink melalui backlink generator, mendapatkan backlink dari pertukaran link dan masih banyak yang lain.

Metode untuk mendapatkan backlinkpun sangat banyak ada melalui footprint, melalui info dari blogger lain maupun forum. Namun untuk saya lebih suka menggunakan metode foot print atau yang dulunya lebih ngetren dibilang google hack. Nah sebenarnya kunci mencari backlink itu hanya sederhana. Tahu footprint, punya tools checker, maka saya kira sudah cukup hanya tinggal fokus kita saja yang perlu ditanamkan.

Kadang saya malah bingung sendiri saat ditanya bagaimana saya mencari backlink, sudah jelas saya orangnya bosenan dan sangat suka dengan coba mencoba. Makanya ketika saya ditanya bagaimana caranya mencari backlink, saya malah kebingungan. Setahu saya ada 2 cara memperoleh backlink yaitu dengan cara manual dan otomatis. Dan saya lebih suka dengan yang otomatis karena memang ada tantangannya, yaitu harus CODING. Ini yang saya suka, kalau manual males, bukan hanya capek namun juga terkendala koneksi. Kalau otomatiskan bisa di tinggal tidur wkwkwk.

Saya sebenarnya sudah beberapa kali membahas cara mendapatkan backlink secara otomatis hingga membagikan aplikasi buatan sendiri untuk bookmarking, pada komunitas blogger jogja dan beberapa teman serta pernah memposting E-book imacross tapi kayaknya ada beberapa yang belum menyimaknya dan mungkin menganggap cara ini terlalu rumit xi3. Sebenarnya kalau berusaha pasti bisa kok.

Kadang beberapa blogger ada juga yang tidak sadar dengan yang namanya backlink. Dia menganggap tidak pernah mencari backlink namun tanpa disadari dia sudah membuatnya. Misal saja komentar di blog orang lain, menaruh link webnya di signature forum, mengisi buku tamu blog orang lain dan masih banyak hal yang tidak disadarinya seperti meninggalkan jejak link web dimanapun dia singgah. Dan kadang malah dipusingkan dengan kata kata backlink, walaupun dia sendiripun sudah melakukannya sejak lama.

Cara Mencari Backlink

Ada pertanyaan yang kadang muncul dari benak mereka. Lha kalau begitu kenapa blog saya dengan keyword tertentu tidak muncul. Setelah di telusuri ternyata ada yang salah dengan cara mereka dalam meninggalkan link. Misal saja, target keyword yang ingin tampil di search engine adalah Blogger Sragen, eh tahunya setiap dia ninggalin jejak malah memakai judul namanya misalnya Bowo Eko Widodo. Jelaslah backlink ini tidak menguatkan keyword Blogger Sragen di Search engine namun akan menguatkan keyword Bowo Eko Widodo di search engine.

Terus ada yang nanya saya juga sebenarnya bagi saya baklink yang berkualitas itu yang bagaimana. Menurut saya, backlink yang berkualitas ialah backlink dari halaman ber PR tinggi yang memiliki outbound link terkecil, lebih lagi jika link rel nya doffolow. Kualitas ini juga di tentukan letaknya lagi, kalau yang paling berkualitas adalah yang terletak pada artikelnya bukan di sidebar, footer, maupun komentar walau memang tempat tersebut tetap ada nilainya. Inilah kenapa backlink dari forum terutama signature begitu pengaruh, sebab biasanya signature akan terletak diantara posting user dan inilah kadang dikira robot sebagai link didalam artikel.

Kadang kala ada yang mikir lagi, susah mendapatkan backlink didalam artikel biasanya harus bayar. Kalau saya kenapa dibikin susah, buat blog saja lagi posting semau kita mo naruh dimana juga semau kita, link kan ke blog utama. Nah inilah yang sering dibilang blog dummy. Jadi akali saja buat blog dummy banyak, ikut banyak forum yang signaturnya aktif, backlink mengalir dengan derasnya :D.

Komentar Cara Mencari Backlink

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 17 komentar untuk update Cara Mencari Backlink dengan id 8360987670191597754.

Bima cahya

saya suka backlink....

14/11/11 19:34
mengobati penyakit asma

ok gan saya akan berburu backlink....

20/11/11 02:23
djawa

makasih gan infonya., tar ane coba., :D

8/12/11 15:17
lowongan kerja lampung

keren gan..ane coba dlu ilmu dari agan..thx

28/1/12 19:07
website optimization techniques

mantap gan.. langsung dicoba..
salam kenal.. ditunggu kunjungan baliknya..

21/3/12 11:17
plumbing technology review

Oalah.... ternyata ga cuma saya ya yang bingung backlink itu apa? makasih ya bos pencerahannya, tapi balik lagi signature itu apa seh? aku bingung e..... wong anyar iki bos jadi banyak ndak taunya.

22/3/12 02:37
berita terbaru

Artikel yang menarik mas Bowo.. ^_^

25/3/12 22:23
Internet Marketing Tips

iya..., bingung juga ngutak ngatik masalah backlink, oya..., untuk mengetahui backlink yang sudah ada gimana ya...???

1/10/12 13:32
cara menghilangkan bekas jerawat

wah, lumayan sregep nek ameh golek backlink , bisa buat naikik serp kita

14/6/13 08:24
Karir

Mantap infonya Gan, Thx

19/9/13 21:40
Jesica-us

Hahaha, terima kasih bowo

6/11/15 14:31
Game Android

Informasi sangat bermanfaat untuk blogger newbie gan terima kasih

6/11/15 14:36
Artikel Kesehatan

Oh baru tahu anchor harus niche blog yang akan dituju, pastesan setiap saya buat anchor, selalu menaruh nama blog

6/11/15 14:38
Artikel uni menambah wawasan

Thanks berat suhu, sangat membantu

6/11/15 14:40
ace maxs

makasih suhu infonya, sangat bermanfaat buat saya, yang masih pemula

26/2/16 09:20
Rahma Wati

makasih infonya

16/3/16 10:12
Dani Petak

Kadang kalo dah pake Imacros mumet pakainya. Ya paling belum terbiasa sih. Sebenernya cari backlink dari blog temen-temen aja dah oke dengan saling blogwalking

27/6/16 16:38