Google Rich Snippets Testing Tool

Jumat, Oktober 12, 2012

Rich Snippets Testing Tool sebenarnya adalah mainan baru yang sudah lama. Dulu saya berjuang wkwkwk membuat template yang memang suppot Rich snippets contohnya seperti Breadcrumbs. Nah yang jadi masalah adalah ketika saya kepingin menjajal tipe Rich snippets lain seperti rating, people dan lain lain. Ternyata ada yang terlupa saat membuka Rich snippets, bahwa ada Rich snippets testing tool untuk ngecek kebenaran Rich snippets yang saya buat.

Beberapa format Rich Snippets ini memang membuat saya pusing, ada beberapa yang memang sudah saya buat dalam artikel editor buatan saya agak sedikit berbeda. Karena memang ada beberapa format seperti microdata, microformats, RDFa. Saya sendiri masih belum bisa menguasai semuanya. Tapi mempelajari ini kayaknya memang harus, biar tampilan nantinya di hasil pencarian tidak kalah dengan web web besar.

Kalau orang mikir tampilan hasil pencarian google tidak penting kayaknya harus berfikir lagi, contoh kasus kemarin saat blogger sragen ini mendapatkan berkah kesalahan video thumb di hasil pencarian yang mana thumbnailnya iu merupakan gambar. Ternyata di posisi yang kurang menguntungkan #9 10 pun masih banyak menghasilkan trapik. Dan saat itu Uniq View www.bloggersragen.com ini bisa naik beberapa kali lipat.

Kembali ke Rich Snippets Testing Tool, dengan Testing Tool ini kita akan dengan mudah mengetahui kebenaran dan kesalahan Rich Snippets yang ada di halaman blog kita. Hal ini akan memudahkan kita untuk bisa segera memperbaikinya. Beberapa hal bisa dilihat tentang Rich Snippets bisa dilihat pada Extracted rich snippet data. Disitu diperlihatkan bagaimana google memparse rich snippet yang ada di halaman blog kita. Jika memang tampil error warning segera saja memperbaikinya. Saya yakin ini suatu saat ada fungsinya. Dan yang jelas berhubungan dengan SEO.

Rich Snippets Testing Tool

Google Rich Snippets Testing Tool

Untuk yang kepingin mempelajari Rich Snippets ini bisa langsung membuka dihalaman bantuan webmaster tools disini

http://www.google.com/support/webmasters/bin/topic.py?hl=en&topic=21997

ataupun melihat skema Rich Snippets

http://schema.org/docs/schemas.html

Silahkan berkarya, kalau pusing tak temanin pusingnya wkwkwkwk. Nyantai saja ada tools untuk membantu kita apalagi kalau bukan Rich Snippets Testing Tool. Walaupun di buat pusing tapi saya suka dengan Rich Snippets Testing Tool ini, selayaknya Blogger Sragen memberikan rating 4.5 karena belum semua skema di support.

Komentar Google Rich Snippets Testing Tool

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 17 komentar untuk update Google Rich Snippets Testing Tool dengan id 7057016818017293108.

kata ciung

apakah ni juga yng menjdikan blogger sragen ada peta nya di google kemaren ntu om?

8/11/11 18:58
Tongkonanku

Saya benar2 pusing, Om. :D

7/12/11 11:24
Sragen ASRI

Bukan om ryan, klo itu pakai layanan google, kalau ini setruktur blog :D

Wkwkwkw sama om :D

7/12/11 12:15
Amri

yg di maksud tau tapi masih belum paham caranya... bagus kalo ada review/raitingnya itu :D

13/12/11 14:22
sesuatu banget!

Emang benar gan dengan adanya Rich Snippets terasa blog kita lebih keren kelihatan di search engine nya....

5/1/12 02:45
Amri MF

Makasih infonya kang

7/1/12 16:03
anwar sofi'i

Mumet aku om, udah nyoba cara yang panjaaaaang tapi gak muncul juga rich sni(kepet) nya hwahahaha :(

9/3/12 10:02
sewa mobil solo

pingin tak pasang di websiteku ora ngerti carane.. ajari Om.. mbayar yo gelem... mtrnuwun

2/6/12 20:52
alivea.

om kalu mau ngajarin di post tu, mbok ya se maksimal mungkin, jadi gak bingungin clien!

1/7/12 06:18
info android

cara masang nya gimna sob :s

25/10/12 19:42
prediksi skor pertandingan

makasih info nya sob

25/10/12 19:43
informasi sepak bola

bintang nya keluar tapi gambar nya ga keluar :(

31/10/12 17:55
Tia seksi

saya lagi cari caranya bikin bitang itu , mana yah caranya?

10/1/13 20:46
Ryan

Masih berharap banyak. saya bisa mengerti tentang TRIK SEO. Thanks Infonya gan...

28/2/13 14:05
Mobiandroid

kalo untuk wordpress gimana ya gan caranya??

9/4/13 19:28
Walter Pinem

siip langsung berangkat nih ke lokasi. nice info :D

16/4/13 00:56
Java Grafis

bintang nya keluar tapi gambar nya ga keluar :(

1/9/13 18:44