Charger HP Motor

Charger Motor kayaknya sangat diperlukan oleh biker untuk bisa charger handphone disaat lagi perjalanan dan baterai handphonenya low. Sudah banyak sebenarnya yang membahas tentang cara membuat Charger Hp Motor dan blogger sragen sendiri akan menuliskan pengalamannya membuat Charger hp Motor ini.

Berawal dari ketidakpunyaan cadangan baterai samsung galaxy ace yang saya punya. Kalau dahulu sih untuk TiPhone 6080 sebelum galaxy ace ini mendapat 2 baterai namun untuk galaxy ace ini hanya satu baterai itupun cepet sekali habisnya. Memang sich banyak cara untuk bisa menghemat baterai galaxy ace namun ketika sangat butuh GPS, saya yakin baterai akan cepat habis juga.

Untuk itu saya kepikiran bagaimana memanfaatkan accu untuk suplay listrik charger handphone. Nah, kepikiran mencari spesifikasi charger hp buat mobil tentang input voltase yang di perlukan. Beberapa info saya temukan ada yang inputnya memerlukan 12 volt, 18 volt dan ada juga 24 volt. Akhirnya berfikir langsung beli saja, sampai di Gloria Sragen, biasa langsung dilayani karena memang sebelumnya adalah lengganan disitu he3. Tanya tanya malah tidak mudeng yang jaga tentang inputnya, langsung deh diambilkan dan ternyata hanya punya satu jenis. Terpaksa deh beli yang disajikan. Bandrol harga Rp 40.000,- tapi kalau saya tidak nyampai segitu.

Sampai dirumah langsung bongkar saja Charger mobil tersebut karena akan dimodifikasi menjadi charger motor. Kalau tidak dimodifikasi tidak mungkin bisa di pakai karena tidak ada colokan khusus di motor seperti colokan charger mobil. Saya baru pertama kali megang jenis charger mobil seperti ini makanya pertama kali agak bingung membukanya gimana. Eh ternyata hanya dibagian ujung untuk colokan plus yang bergerigi diputar hakz hakz hakz. Dan setelah dibuka jreeeeeeng .. gubrakkk ada yang sms ... hahay ... :D.. smsan dulu .... wkwkwkwk. Lanjut. Nich penampakan charger mobil Wellcomm. Ternyata colokan ke hp ada 2 yaitu untuk nikia N70 dan satunya ternyata mini USB yang cocok untuk Samsung Galaxy Ace. Beruntung tidak harus oprek oprek lagi.

Charger Hp Motor

Sedikit modifikasi dengan menyiapkan beberapa alat seperti solder, obeng, gunting dan bahan seperti kabel, tenol,isolasi dan konektor. Setelah di bongkar ternnyata "alhamdulillah yah" disediakan juga fuse/sekring. Asik juga untuk menghindari konsleting. Tinggal modif penempatan dengan mengurangi beberapa perangkat yang saya anggap tidak penting. Tampilan setelah sedikit modif oleh blogger sragen yang ndak mudeng elektronika seperti ini

Charger Hp Motor

Charger motor siap di oprek untuk selanjutnya yaitu pemasangan konektor. Kalau produk lain memakai saklar saya memakai konektor microphone wkwkwkwk karena adanya itu. Kalau memakai saklar boleh sich tapi menurut saya tidak praktis, tidak bisa di lepas lepas. Bongkar bongkar perkakas dapatnya konektor mic yow di pakai saja walaupun memang bukan itu penggunaannya. Modif penyambungannya seperti ini

Charger Hp Motor

Kemudian berlanjut memasang konektor female untuk dihubungkan ke accu. Karena saya memakai motor supra x 125D maka letak accu berada di bawah jok. Tinggal buka bagasi dan sambungkan konektor female dengan accu. Dan perhatikan jangan sampai terbalik untuk kabel konektornya serta pemasangan di accu nya. Pemasangan konektor female mic dengan accu seperti ini.

Charger Hp Motor

Segalanya telah siap, semua di cek jangan ada yang salah terutama untuk pemasangan kabel listriknya. Setelah sekiranya benar maka tinggal tes dulu lihat lampu lampunya. Jika sudah menyala maka sukses, tapi tunggu dulu jangan langsung colok ke hp. Tes dulu voltase yang keluar biasanya untuk charger handphone kisaran 3.7V - 5.4V. Kalau sudah benar diantara tersebut, tinggal colokkan ke hp konektornya. Dan jreeeeeeeeeng suksesssss :D . Alhamdulillah Yah Sesuatu Banget

Charger Hp Motor

Charger Hp Motor



Relasi Charger HP Motor

Virmansyah

bisa overcharge tidak ya kalau kayak gitu itu??

25/9/11 21:42
sanusi

wehh idenya bagus bole juga :)

26/9/11 13:25
ndledex86

keren mas inspirasinya, sambil menyelam minum setrum...

27/9/11 05:27
Sragen Asri

@Virmansyah overcharge itu biasanya tergantung perangkat yang dipakai, kalau bagus biasanya sudah ada relaynya buat saklar. Hp sekarangpun sudah ada notofikasi kalau charge penuh he3

@sanusi he3 cuman keingat jikalau butuh untuk si android yang boros setrum hakz hakz hakz

@ndledex86 wkwkw.. minum strum ndak yakin dach bisa kuat =))

27/9/11 11:00
dede
dede

salut deh sama ente, berani modif, gk takut rusak,
galaxy ACE kan mahal, malah jd bahan percobaan. he he HE
Sekarang gmn, ada masalah gk sama HPnya?
ane mo coba juga soale...

1/10/11 09:07
Sragen Online

Saya ndak melihat perubahan secara langsung di ACE setelah di charge, kalau saya berfikir gampang saja, Bawaan charge ACE output 5V dan yang ini keluar 4,7 V kayaknya jadi saya rasa aman aman saja.

1/10/11 09:12
gringging

klo semisal konektor micnya diganti lighter rokok mobil gmn? klo bisa kan g perlu ngoprek adaptornya tinggal pnp aja

2/10/11 23:38
Cah Sragen

diganti apapun yang penting memudahkan kita saya kira tidal apa apa yang penting tidak mengurangi atau menambah voltase keluaran charge

3/10/11 05:28
asaz

bagus mas terima kasih atas share ilmunya akan saya coba

11/10/11 09:45
Tongkonanku

Emank cocok banget nih buat biker yang sering touring. :)

12/10/11 00:50
MTS SUDIRMAN JATISRONO

siiipppp,,thanks bro

12/10/11 08:37
robin

@cah sragen : jadi ga ada tambahan apa2 lg antara kutub positif aki ke kutub positif charger? cuma kepentingan saklar aja ya?

16/10/11 19:52
Sragen Kab

itu masih ada sekring / fuse untuk menghindari konsleting. Selai itu tidak ada. Tapi boleh juga di taruh LM 7812 buat regulator, atau LM7805 di keluarannya

17/10/11 20:19
lukman

yg sy makud cara bikin chargernya gan! bukan bikin charger yg udah jadi buat di mbl....

28/3/12 01:18
Mesin Antrian Murah JATENG Semaran Jogja Solo

gak bisa tu,,coba cek ampernya kluar brapa,arusnya balik boz klo pake ic7805,,

16/5/12 02:32
Mekatronika - Sekayu

Nice Share Gan..
ni Ane juga punya cara, kayaknya lebih sederhana Gan...
http://mekatronikasekayu.blogspot.com/2012/08/cara-membaut-charger-hp-di-sepeda-motor.html

9/8/12 00:26
Mekatronika - Sekayu

Ane Sragen Juga Gan, Plupuh. SAlam Sragentina

9/8/12 00:26

[ 17 ] Komentar Charger HP Motor

Jangan menaruh live link di kotak komentar.