Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor disingkat TNKB, ataupun sering sekali disebut plat nomor ataupun nopol, merupakan plat aluminium tanda kendaraan bermotor yang ada di Indonesia yang sudah didaftarkan dalam Kantor Bersama Samsat. Pemakaian tanda nomor kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, terutama yang ada di Jawa, adalah warisan semenjak zaman Hindia Belanda, yang memanfaatkan kode wilayah berlandaskan pembagian wilayah karesidenan.

Bahan baku TNKB yaitu aluminium dengan memiliki tebal 1 mm. Ukuran TNKB buat kendaraan bermotor roda 2 serta roda 3 sama dengan 250x105 mm, dan untuk kendaraan bermotor roda 4 ataupun lebih yaitu 395x135 mm. Ada cetakan garis lurus pembatas lebar 5 mm yang ada di antara ruang nomor polisi dengan ruang angka masa berlaku.

Tanda Nomor Kendaraan Bermotor mempunyai bentuk plat aluminium memakai cetakan tulisan dua baris.

  • Baris pertama memperlihatkan kode wilayah (huruf), nomor polisi (angka), serta kode/seri akhir wilayah (huruf)
  • Baris kedua memperlihatkan bulan serta tahun masa berlaku

Dalam sudut kanan atas serta sudut kiri bawah ditemukan tanda khusus (security mark) cetakan lambang Poltas dan dalam sisi sebelah kanan serta sisi sebelah kiri terdapat tanda khusus cetakan DITLANTAS POLRI yang menjadi hak paten pembuatan TNKB oleh Polri serta TNI.

Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

  • Kendaraan bermotor bukan umum serta kendaraan bermotor sewa mempuyai warna dasarnya hitam memakai tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor umum mempunyai warna dasar kuning memakai tulisan berwarna hitam
  • Kendaraan bermotor milik pemerintah mempunyai warna dasar merah memakai tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor korps diplomatik negara asing: warna dasar putih dengan tulisan berwarna hitam
  • Kendaraan bermotor staf operasional korps diplomatik negara asing mempunyai warna dasar hitam memakai tulisan berwarna putih serta terdiri dari lima angka dengan kode angka negara dicetak lebih kecil memakai format sub-bagian
  • Kendaraan bermotor buat transportasi dealer memiliki warna dasar putih memakai tulisan berwarna merah.

Daftar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor



Relasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Adira Asuransi Kendaraan Terbaik Indonesia

tapi ada juga yang curang, dan sayangnya banyak dilakukan oleh pemegang kendaraan bermotor plat merah, baik sepeda motor maupun mobil. Warna latar merah dikerok sehingga yang tampak hanya warna aluminium tersamar bersama warna putih hurufnya, sehingga sulit membedakan apakah itu plat merah atau plat hitam (pribadi) yang telah kusam.

7/9/11 11:14
Obat herbal untuk penyakit infeksi saluran kemih
26/9/12 13:38

[ 2 ] Komentar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor

Jangan menaruh live link di kotak komentar.