Hari Kemerdekaan Indonesia

Jumat, Agustus 17, 2012

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 di tahun Masehi, ataupun 17 Agustus 2605 jika mengikuti tahun Jepang. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi sama Drs. Mohammad Hatta yang ada di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Pada Setiap tahun pada saat tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan meriah. Seperti lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang, sampai upacara militer yang ada di Istana Merdeka, segenap bagian dari masyarakat ikut berpartisipasi memakai cara masing-masing.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ada di Istana Merdeka dipimpin oleh Presiden RI sebagai Inspektur Upacara. Peringatan tersebut biasanya disiarkan secara langsung seluruh stasiun televisi nasional. Acara-acara untuk pagi hari seperti: penembakan meriam serta sirene, pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih atau Bendera Pusaka, pembacaan naskah Proklamasi, dll. Pada sore hari ada acara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih.

Dibagian bawah masyarakat sendiri dalam memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia biasanya dibiasakan pemasangan bendera merah putih serta bendera lain untuk menghiasi jalanan. Ada juga berbagai lomba kelompok seperti kebersihan tingkat RT, kelurahan dan lain lain. Biasanya malam sebelum tanggal 17 Agustus di bagian tempat tertentu ada yang menjalankan malam tirakatan

Komentar Hari Kemerdekaan Indonesia

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 0 komentar untuk update Hari Kemerdekaan Indonesia dengan id 4853318793473309388.