kabupaten sragen

Minggu, Mei 29, 2011

Kabupaten Sragen, merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di kota Sragen. Posisi Kabupaten Sragen itu sekitar 30 km disebelah timurnya Kota Surakarta. Kabupaten Sragen berbatasan dengan Kabupaten Grobogan untuk sebelah utara dan untuk di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Ngawi (Jawa Timur). Di sebelah selatan Kabupaten Sragen berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan untuk batasan sebelah barat dengan Kabupaten Boyolali.

Kabupaten Sragen sebelumnya diberi nama Sukowati, nama tersebut digunakan sejak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen sendiri dipakai karena pusat pemerintahan berada di kota Sragen.

Akses ke Kabupaten Sragen bisa di lakukan dari segala arah dan letaknya strategis. Untuk kota Sragen sendiri adalah jalan utama untuk menghubungkan antar daerah di pulau Jawa. kota Sragen tersebut terletak pada jalur utama Solo-Surabaya. Kabupaten Sragen merupakan gerbang utama sebelah timur Provinsi Jawa Tengah, yang memang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Sragen juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya-Yogyakarta-Jakarta) dan juga ada stasiun terbesarnya yaitu stasiun Sragen.

Kabupaten Sragen berada pada lembah daerah aliran Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke arah timur. Sebelah utara Kabupaten Sragen berupa perbukitan, bagian dari sistem Pegunungan Kendeng. Sedangkan pada selatan berupa pegunungan yaitu lereng dari Gunung Lawu.

kabupaten sragen

Komentar kabupaten sragen

Jangan menaruh live link dikomentar dan sampai saat ini baru 6 komentar untuk update kabupaten sragen dengan id 3016395678773521354.

kucoba.com

Bloggersragen keren
salam kenal..

30/5/11 13:32
RifatView

Salam kenal Blogger Sragen ... newbie berkunjung ... kunjungi baLik ya master :-D

30/5/11 15:01
Sragen Asri

He3... keren tanpa n yach :))

Wkwkwkwk .. ach master yang satu ini bikin newbie jadi malu,,, :))

31/5/11 11:45
Si ciung

oh ini tho om,sragen hehe jadi tau saya..kapan om d ajak mampir sana om?? Xxixi

1/6/11 21:56
susi marwati

ikut gabung ya...sragen tetep asri....

29/7/11 22:42
Sunaryono Wahyu

Sragen - Malaysia hadir boss..

18/6/17 20:32